MAPPALILI: PERUBAHAN TRADISI SEBELUM TURUN SAWAH DI LINGKUNGAN KASSI KEBO KABUPATEN MAROS = MAPPALILI: CHANGES IN TRADITION BEFORE THE RICE FIELD IN KASSI KEBO ENVIRONMENT, MAROS REGENCY


Salsabila, Kurnia (2022) MAPPALILI: PERUBAHAN TRADISI SEBELUM TURUN SAWAH DI LINGKUNGAN KASSI KEBO KABUPATEN MAROS = MAPPALILI: CHANGES IN TRADITION BEFORE THE RICE FIELD IN KASSI KEBO ENVIRONMENT, MAROS REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071181009_skripsi_03-01-2023 cover1.png

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071181009_skripsi_03-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071181009_skripsi_03-01-2023 dp.pdf

Download (918kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071181009_skripsi_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 September 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Mappalili merupakan tradisi turun temurun yang masih dipegang dan dilestarikan oleh masyarakat bugis di Kabupaten Maros yang merupakan tradisi yang dilaksanakan sebelum masyarakat turun ke sawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan tradisi turun sawah dahulu dan sekarang di lingkungan kassi Kebo Kabupaten Maros. Dengan fokus penelitian pelaksanaan tradisi mappalili, makna tradisi mappalili, serta faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan tradisi mappalili dahulu dan sekarang di Lingkungan Kassi Kebo Kabupaten Maros. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik penentuan informan yang digunakan ialah purposive (sengaja). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pengamatan (observasi) dan wawancara mendalam dengan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tradisi Mappalili di Lingkungan Kassi Kebo Kabupaten Maros memiliki perubahan-perubahan berdasarkan proses pelaksanaannya yang terlihat dari keterlibatan pemerintah dalam pelaksanaan tradisi Mappalili pada masa sekarang. Makna pelaksanaan tradisi Mappalili dahulu yaitu untuk menghidari gangguan yang dapat mengurangi hasil panen serta sebagai pedoman dan rasa syukur serta terimakasih kepada roh-roh leluhur agar terhindar dari bencana. Pada masa sekarang tradisi Mappalili juga memiliki makna sebagai ajang silaturahmi serta menjadi pedoman yang tetap dipelihara bagi masyarakat setempat yang akan turun sawah dengan mengedepankan nilai gotong royong. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan tradisi Mappalili dahulu dan sekarang dipengaruhi dari faktor internal (dari dalam) dan faktor eksternal (dari luar).

Keywords : Perubahan Tradisi, Mappalili, Turun Sawah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradition Changes, Mappalili, Descending Rice Fields.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:33
Last Modified: 22 Dec 2023 07:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28790

Actions (login required)

View Item
View Item