EFEKTIFITAS EDUKASI TERPADU DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PASIEN PASCA OPERASI TOTAL HIP DAN KNEE REPLACEMENT DI RUMAH SAKIT TK. II PELAMONIA


MALIGA, MUHAJIRIN (2018) EFEKTIFITAS EDUKASI TERPADU DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PASIEN PASCA OPERASI TOTAL HIP DAN KNEE REPLACEMENT DI RUMAH SAKIT TK. II PELAMONIA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Tesis Muhajirin Maliga_P4200216048.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang : Edukasi terpadu sangat efektif dalam meningkatkan efikasi diri pada pasien
pasca operasi Total Hip dan Knee Replacement
Tujuan penelitian mengetahui efektifitas edukasi terpadu pada kelompok intervensi dan edukasi
standar pada kelompok kontrol dalam meningkatkan efikasi diri dengan penurunan nyeri, udema,
peningkatan kekuatan otot dan lingkup gerak sendi pada pasien pasca operasi total hip dan knee
replacement.
Metode : desain penelitian quasi eksperimen pre test dan post test dengan grup kontrol dengan
pemberian terapi edukasi terpadu. Sampel 31 orang pasien total hip dan knee replacement di
Rumah sakit Tk. II Pelamonia Makassar. Pengukuran self-efficacy dilakukan 1 hari sebelum
responden menjalani pembedahan dan hari kesepuluh pasca operasi. Adapun pengukuran Harris
Hip Score dan Knee Society Score beserta tingkat udema dilakukan 1 hari pasca operasi dan hari
kesepuluh pasca operasi.
Hasil : Terjadi peningkatan efikasi diri pada responden Total Hip Replacement setelah pemberian
edukasi terpadu dari (65.67±4.94) menjadi (106.25±3.36) p=0.000. Diikuti dengan intensitas nyeri
menurun dari (20.00±0.01) menjadi (40.00±0.01) p=0.001, udema menurun dari (1.50±0.522)
menjadi (0.92±0.28) p=0.020, kekuatan otot meningkat dari (15.00±0.01) menjadi (36.92±0.01)
p=0.000 dan gerak sendi bawah meningkat dari (3.10±0.18) menjadi (4.66±0.05) p=0.002. Untuk
responden Total Knee Replacement rata-rata efikasi diri meningkat setelah pemberian edukasi
terpadu pada kelompok intervensi dari (61.50±2.38) menjadi (105.25±3.86) p=0.000 diikuti
dengan penurunan intensitas nyeri dari (20.00±0.01) menjadi (40.00±0.01) p=0.046, penurunan
udema dari (1.75±0.50) menjadi (0.50±0.57) p=0.015. Kekuatan otot meningkat dari (-2.50±0.57)
menjadi (28.50±1.91) p=0.000, gerak sendi bawah meningkat dari (25.00±0.01) menjadi
(70.00±0.01) p=0.046.
Kesimpulan : edukasi terpadu sangat efektif dalam meningkatkan efikasi diri setelah intervensi
diikuti dengan penurunan intensitas nyeri, udema, peningkatan kekuatan otot dan lingkup gerak
sendi dibandingkan dengan edukasi standar. Keberhasilan ini diikuti dengan keinginan dan
kepercayaan diri pasien setelah diberikan penjelasan yang akurat.
Kata Kunci : Edukasi Terpadu, Edukasi Standar, Efikasi Diri, Total Hip dan Knee Replacement

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:11
Last Modified: 22 Dec 2023 07:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28779

Actions (login required)

View Item
View Item