KERJA SAMA DALAM TRADISI MACCERA TAPPARENG PADA MASYARAKAT NELAYAN DANAU TEMPE DI KABUPATEN WAJO = COOPERATION IN THE MACCERA TAPPARENG TRADITION IN THE FISHING COMMUNITY OF LAKE TEMPE IN WAJO DISTRICT


Juliana, Fitria Rahma (2022) KERJA SAMA DALAM TRADISI MACCERA TAPPARENG PADA MASYARAKAT NELAYAN DANAU TEMPE DI KABUPATEN WAJO = COOPERATION IN THE MACCERA TAPPARENG TRADITION IN THE FISHING COMMUNITY OF LAKE TEMPE IN WAJO DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071181002_skripsi_03-01-2023 cover1.png

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071181002_skripsi_03-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071181002_skripsi_03-01-2023 dp.pdf

Download (932kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071181002_skripsi_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 September 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Indonesia masih memiliki banyak warisan tradisi yang masih dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya yaitu tradisi maccera tappareng yang dilaksanakan oleh masyarakat suku Bugis nelayan Danau Tempe. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang melimpah serta agar nelayan dapat terhindar dari bencana dan marabahaya dalam menjalankan aktivitas di danau. Pemotongan kepala kerbau dan ditenggelamkannya kepala kerbau ke danau menjadi inti dan simbol dari pelaksanaan tradisi ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan dan bentuk-bentuk kerja sama dalam tradisi maccera tappareng, serta implikasi kerja sama pada tradisi maccera tappareng dalam kehidupan masyarakat nelayan Danau Tempe. Peneltian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan ialah teknik purposive (sengaja), yang dilakukan di Kelurahan Laelo, Kabupaten Wajo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara mendalam, pengamatan (obeservasi), studi literatur, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan tradisi maccera tappareng terdiri dari tiga tahap yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahap pasca pelaksanaan. Selanjutnya pada penlitian ini diidentifikasi ada beberapa kerja sama yang terbentu yaitu kerja sama dalam musyawarah, pengumpulan dana, persiapan bahan dan alat, pemotongan kerbau, membawa sesajian ke danau, kerja sama dalam menenggelamkan sesajian ke danau, persiapan makan bersama dan kerja sama dalam tahapan pasca tradisi yaitu pelaksanaan lomba balap perahu. Adapun implikasi kerja sama pada tradisi ini dalam kehidupan nelayan yaitu implikasi terhadap sosial kemasyarakatan, implikasi dari segi kehidupan ekologi, dan menambah solidaritas masyarakat.

Keywords : Tradisi, Maccera Tappareng, Kerja Sama, Nelayan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradition, Maccera Tappareng, Cooperation, Fisherman
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:06
Last Modified: 22 Dec 2023 07:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28776

Actions (login required)

View Item
View Item