ANALISIS PENGARUH METODE RONDE KEPERAWATAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN


PATMAWATI, TRY AYU (2018) ANALISIS PENGARUH METODE RONDE KEPERAWATAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
TRY AYU PATMAWATI_P4200216013_TESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Kemampuan berpikir kritis mahasiswa harus ditingkatkan
mengingat pentingnya hal tersebut dalam pembuatan keputusan, problem solving
dan clinical judgment dan didukung dengan kepercayaan diri. Namun tidak semua
mahasiswa mampu mencapai hal tersebut. Untuk itu pembimbing klinik harus
memiliki inovasi melalui metode pembelajaran. Ronde keperawatan adalah salah
satu pilihan metode pembelajaran pada program profesi namun masih belum
diketahui bagaimana pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis dan
kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode
ronde keperawatan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri
mahasiswa.
Metode : Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi
Experiment (Non equivalent Control Group Design) dengan 40 sampel mahasiswa
yang dibagi ke dalam kelompok intervensi dan kontrol, mahasiswa yang menjadi
sampel adalah mahasiswa yang telah mengikuti praktik klinik selama 2 minggu,
kelompok intervensi adalah kelompok yang mendapatkan metode ronde
keperawatan sebanyak 2 kali dan kelompok kontrol tidak mendapatkan metode
ronde keperawatan. Pengumpulan data dimulai bulan Juli sampai dengan Agustus
2018. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner
Yoon’s Critical Thinking Disposition (YCTD) dan Self Confidence Scale.
Hasil : Didapatkan nilai signifikan (<0,05) yang berarti ada perbedaan signifikan
antara kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri antara kelompok intervensi
dan kelompok control dengan selisih peningkatan sebesar 7,45(8,03%) pada
kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri sebesar 5,65(11,16%).
Kesimpulan : Ada pengaruh metode ronde keperawatan terhadap kemampuan
berpikir kritis dan kepercayaan diri mahasiswa. Rekomendasi pada penelitian ini
agar metode ronde keperawatan ini dapat diterapkan secara teratur di rumah sakit
sebagai suatu capaian atau rangkaian yang akan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran di klinik karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir
kritis dan kepercayaan diri.
Kata Kunci : Metode Ronde Keperawatan, mahasiswa profesi keperawatan,
berpikir kritis, kepercayaan diri

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:06
Last Modified: 22 Dec 2023 07:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28775

Actions (login required)

View Item
View Item