PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA TUTURAN MASYARAKAT TORAJA DI KECAMATAN TAMALANREA MAKASSAR:KAJIAN SOSIOLINGUISTIK


IKET, ELISABET (2018) PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA TUTURAN MASYARAKAT TORAJA DI KECAMATAN TAMALANREA MAKASSAR:KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FILE TEXT] Text (FILE TEXT)
SKRIPSI LENGKAP PDF.pdf

Download (435kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk pengguanaan bentuk dan faktor-faktor penyebab terjadinya penggunaan alih kode dan campur kode pada tuturan masyarakat Toraja di Kecamatan Tamalanrea Makassar. Data dalam penelitian ini adalah tuturan masyarakat Toraja di Kecamatan Tamalanrea berupa alih kode dan campu kode. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak dengan teknik sadap,teknik rekam dan teknik catat. Analisis data digunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan bentuk penggunaan kode pada tuturan masyarakat Toraja di Kecamtan Tamalanrea. Pertama, bentuk alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Toraja,alih kode dari bahasa Toraja ke bahasa Indonesia, dan alih kode bentuk formal. Faktor penyebab terjadinya alih kode tersebut yaitu: 1) mitra tutur, 2) topik pembicaraan,3) perubahan situasi, dan 4) untuk membangkitkan rasa humor. Kedua, bentuk campur kode berupa kata, campur kode kode ke dalam (inner code mixing)dan campur kode ke luar (outher code mixing. Faktor penyebab terjadinya campur kode tersebut yaitu: 1) kebiasaan, 2) mengungkapkan perasaan, 3) sekadar bergengsi, dan 4) istilah yang lebih populer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:05
Last Modified: 19 Dec 2023 07:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28739

Actions (login required)

View Item
View Item