ANALISIS PERENCANAAN PENGEMBANGAN KAWASAN TAMAN WISATA ALAM BANTIMURUNG YANG BERKELANJUTAN (SUSTAINABILITY TOURISM) (KECAMATAN SIMBANG, KABUPATEN MAROS) = Analysis of the Planning for Sustainable Development of the Bantimurung Natural Park (Sustainability Tourism) (Simbang District, Maros Regency)


Pagessa, Muh. Gemilang (2022) ANALISIS PERENCANAAN PENGEMBANGAN KAWASAN TAMAN WISATA ALAM BANTIMURUNG YANG BERKELANJUTAN (SUSTAINABILITY TOURISM) (KECAMATAN SIMBANG, KABUPATEN MAROS) = Analysis of the Planning for Sustainable Development of the Bantimurung Natural Park (Sustainability Tourism) (Simbang District, Maros Regency). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E062211002_tesis_07-11-2022 cover1.png

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E062211002_tesis_07-11-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E062211002_tesis_07-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E062211002_tesis_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 September 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

MUH. GEMILANG PAGESSA. Analisis Perencanaan Pengembangan Kawasan Taman Wisata Alam Bantimurung yang Berkelanjutan (Sustainability Tourism) (Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros) (dibimbing oleh Nurlinah dan A. Lukman Irwan).
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis Kolaborasi yang dilakukan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta strategi dalam perencanaan pengembangan kawasan pariwisata Bantimurung
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun lokasi penelitian ini di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Sementara jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kajian pustaka, Dokumen/arsip, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kolaborasi OPD dalam Perencanaan pengembangan kawasan wisata taman wisata alam bantimurung dilakukan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam perencanaan pengembangan kawasan taman wisata alam Bantimurung ketiga OPD yakni pembangunan infrastruktur dan pengelolaan kebersihan sekitar destinasi wisata, sementara Strategi OPD dalam perencanaan pengembangan kawasan wisata taman wisata alam Bantimurung antara lain pengembangan sumber daya alam terdiri dari aspek atraksi, aksesibilitas, aktivitas dan fasilitas, serta sosial dan budaya. Sementara untuk pengembangan sumber daya Manusia dilakukan oleh Dinas Pariwisata yakni pendidikan, dan pelatihan bagi masyarakat maupun pengelola destinasi wisata

Keywords : Pengembangan, Pariwisata Berkelanjutan, Maros

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Development, Sustainable tourism, Maros
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:11
Last Modified: 11 Dec 2023 01:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28702

Actions (login required)

View Item
View Item