KOLABORASI 3 PILAR GOOD GOVERNANCE DALAM PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KABUPATEN BONE = COLLABORATION OF THE 3 PILLARS OF GOOD GOVERNANCE IN OVERCOMING ABUSE DRUGS IN BONE REGENCY


Musakkar, Musakkar (2022) KOLABORASI 3 PILAR GOOD GOVERNANCE DALAM PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KABUPATEN BONE = COLLABORATION OF THE 3 PILLARS OF GOOD GOVERNANCE IN OVERCOMING ABUSE DRUGS IN BONE REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E062211001_tesis_03-01-2023 cover1.png

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E062211001_tesis_03-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E062211001_tesis_03-01-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E062211001_tesis_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 September 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Musakkar, Kolaborasi 3 pilar Good Governanace Dalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba Di Kabupaten Bone ( Dibimbing oleh Juanda Nawawi dan A.M Rusli )
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kolaborasi 3 Pilar good governance serta bentuk kolaborasi dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian fenomenologi dengan jenis penelitian kualitatif. Fokus penelitian berdasarkan pada teori Balogh dkk, yang menjelaskan proses kolaborasi pemerintah terbagi menjadi 3 proses yaitu dinamika kolaborasi, tindakan-tindakan kolaborasi, dan dampak dan adaptasi pada proses kolaborasi.
Adapun teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinamika kolaborasi 3 pilar good governance dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba di kabupaten bone terkait. a) Penggerakan Prinsip Bersama pengungkapan dan deliberasi sudah dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak dengan melakukan diskusi bersama, b) Motivasi Bersama dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba dari dimensi pemahaman bersama, kepercayaan bersama, legitimasi internal dan komitmen. c) Kapasitas melakukan tindakan dalam penanggulangan narkoba, dari dimensi kepemimpinan, pengetahuan, sumber daya kecuali prosedur serta kesepakatan bersama karena masih adanya instansi yang belum memiliki prosedur dan kesepakatan dalam berkolaborasi.
Tindakan-tindakan kolaborasi dari dimensi memfasilitasi dan memajukan proses kolaborasi telah memberikan ruang gerak untuk bersosialisasi dan memberikan pelatihan dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba dengan melakukan pertemuan dan komunikasi dengan pihak lain . Dampak dan adaptasi kolaborasi penanggulangan narkoba dengan upaya men ekan jumlah pengguna narkoba. Bentuk kolaborasi yang dilaksanakan dengan membangun pemahaman bersama, menciptakan strategi, melakukan penanggulangan serta melakukan evaluasi. Adapun bentuk penanggulangan yang dilakukan yaitu melalui tindakan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Kata Kunci: Kolaborasi, Penanggulangan penyalahgunaan, Narkoba.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Collaboration, Overcoming abuse, Drugs
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Dec 2023 06:49
Last Modified: 08 Dec 2023 06:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28688

Actions (login required)

View Item
View Item