Muhammad, Akhyar (2023) STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT PENGARUH DOUBLE RECTANGULAR VORTEX GENERATOR: POSISI BERSILANGAN ARAH DI BELAKANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031181323_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf
Download (1MB)
D031181323_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg
Download (290kB) | Preview
D031181323_skripsi_09-05-2023 dp.pdf
Download (1MB)
D031181323_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Salah satu masalah yang di hadapi dalam perencanaan kapal yakni menyangkut tahanan serta kecepatan kapal yang harus sesuai permintaan. Tahanan kapal merupakan ilmu yang mempelajari reksi fluida akibat gerakan kapal yang melalui fluida tersebut. Besarnya tahanan kapal juga bergantung pada jenis kapal yang digunakan. Agar meminimalisir besarnya nilai tahanan kapal juga dapat di lakukan modifikasi pada lambung kapal, yakni dengan pemasangan Vortex Generator posisi bersilangan arah di delakang. Cara kerja dari Vortex Generator adalah mempercepat transisi aliran dari laminar boundary layer menjadi turbulent boundary layer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode numerik dengan bantuan software maxurf pro modeler dan rhinoceros 6 untuk pemodelan, dan Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamics) dalam melakukan analisis tahanan. Tahanan model kapal menggunakan double rectangular vortex generator pada kecepatan 0,75 m/s, 1.513, 2.016 dan 2,762 yaitu 0.778 N, 2.311 N, 3.116 N, 5.258 N dan berbedaan persentase terbesar terjadi pada kondisi trim 3° kecepatan 2.765 sebesar 17,34%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 06:44 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 06:44 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28684 |