Klistianto, Ahmad (2023) STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT PENAMBAHAN DOUBLE GOTHIC VORTEX GENERATOR POSISI SEJAJAR PADA LAMBUNG KAPAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031181313_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf
Download (1MB)
D031181313_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg
Download (218kB) | Preview
D031181313_skripsi_09-05-2023 dp.pdf
Download (837kB)
D031181313_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Dewasa ini, trend desain kapal cepat mengalami perubahan atau modifikasi guna mendapatkan desain kapal yang menjamin performa dan meminimalisir nilai tahanan kapal, Salah satu cara yakni penambahan vortex generator. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai tahanan kapal menggunakan vortex generator dan tanpa vortex generator serta mengetahui karakteristik aliran fluida yang terjadi di sepanjang lambung kapal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komputasi dengan bantuan software Maxsurf Modeller dan Rhinoceros 6 untuk pemodelan, serta Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamic) dalam penentuan nilai tahanan kapal. Hasil yang didapat terjadi pengurangan tahanan kapal dengan penambahan vortex generator. Trend pengurangan tahanan kapal pada setiap kecepatan berbeda. Pada kecepatan 0.75 m/s dengan FnV 0.239 pengurangan relatif kecil dengan persentase 7.71%. Akan tetapi pada kecepatan 2.762 m/s dengan FnV 2.816 terjadi pengurangan tahanan yang besar dengan persentase 18.67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa vortex generator terbukti dapat mengurangi tahanan kapal dan dapat berfungsi optimal pada kecepatan 2.762 m/s
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 07:54 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 07:54 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28662 |