Esensi Merdeka Belajar dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata


Rasjid, Yulianti (2023) Esensi Merdeka Belajar dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
F032211010_tesis_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032211010_tesis_03-05-2023 cover1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
F032201004_tesis_03-05-2023 dp.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
F032211010_tesis_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 November 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah; 1) Menunjukkan wujud esensi merdeka belajar yang terkandung dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata; 2) Menunjukkan peran pelaku pendidikan (guru, orang tua, dan masyarakat) berdasarkan konsep merdeka belajar dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Data dikumpulkan dengan metode analisis dokumen dan teknik baca markah. Data dianalisis dengan model analisis interaktif yang meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penulis akan mendeskripsikan gambaran atau potret yang bersinggungan dengan esensi merdeka belajar dan peran pelaku pendidikan berdasarkan konsep merdeka belajar. Hasil penelitian membuktikan bahwa wujud esensi merdeka belajar yang terkandung dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata yaitu 1) kebebasan belajar; 2) guru sebagai penuntun; 3) student wellbeing (menyejahterakan siswa); 4) sistem among; 5) pembelajaran berdiferensiasi; 6) kodrat alam dan kodrat zaman; serta 7) mengembangkan budi pekerti. Ketujuh esensi tersebut terimplementasi dalam penerapan kurikulum merdeka di satuan pendidikan saat ini. Novel Guru Aini memberikan gambaran humanis mengenai peran strategis para pelaku pendidikan yaitu guru, orangtua, dan masyarakat menurut falsafah merdeka belajar yang sama-sama berperan menjalankan fungsi among yaitu menjadi teladan dan pemberi motivasi kepada anak atau peserta didik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: merdeka belajar, esensi pendidikan, nilai pendidikan, sosiologi sastra
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:09
Last Modified: 08 Dec 2023 07:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28655

Actions (login required)

View Item
View Item