RIVALITAS PADA PILKADA SERENTAK TAHUN 2015 DI KABUPATEN MAJENE


ASRIANI, ASRIANI (2018) RIVALITAS PADA PILKADA SERENTAK TAHUN 2015 DI KABUPATEN MAJENE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
Tesis A S R I A N I.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persaingan pasangan calon serta pengaruh elit penentu terhadap pasangan calon dalam perolehan suara pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2015 di Kabupaten Majene.
Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Majene, menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif analisis. Penentuan informan dilakukan secara purposive. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan kajian pustaka. Data dianalisis menggunakan konsep rivalitas, pendekatan kekuatan modal, konsep elit penentu dan teori pertukaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa masing-masing pasangan calon melakukan persaingan dengan memaksimalkan kekuatan modal yang dimiliki. Kemenangan Fahmi Massiara-Lukman karena mampu mengakumulasi modalitas yaitu modal simbolik, modal finansial dan modal sosial. Pasangan Rizal Sirajuddin berada diurutan kedua perolehan suara dengan memaksimalkan modal finansial dan modal sosial. Arifin Nurdin-A. Irfan berada diurutan ketiga karena tidak maksimalnya modal finansial hanya memiliki kekuatan pada modal kultural.
Keterlibatan elit penentu pada PILKADA di Majene tahun 2015 memiliki dampak terhadap pasangan calon dalam perolehan suara. Pengaruh elit penentu terjabarkan pada jabatan politik, gelar bangsawan, dan kemampuan finansial yang dimiliki. Elit penentu memiliki kepentingan mendukung pasangan calon yaitu untuk memudahkan dalam perolehan suara di Majene pada PILGUB Sulawesi Barat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 08 Dec 2023 06:40
Last Modified: 08 Dec 2023 06:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28643

Actions (login required)

View Item
View Item