INOVASI PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KABUPATEN MAROS


Pauzi, Rizal (2018) INOVASI PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KABUPATEN MAROS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
TESIS RIZAL PAUZI LENGKAP.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis hasil inovasi penataan pedagang kaki lima di Kabupaten Maros berdasarkan kriteria Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB).

Penelitian ini dilaksanakan di Kawasan Kuliner Pantai Tak Berombak Kabupaten Maros. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan fokus pada hasil inovasi dari penataan pedagang kaki lima di Kabupaten Maros. Ada pun desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi penataan pedagang kaki lima di Kabupaten Maros berdasarkan kriteria Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) kurang berhasil. Hal ini karena dari 6 indikator, 1 indikator yakni kemitraan tidak dipenuhi karena tidak ada kerjasama profesional baik itu pemerintah, swasta maupun perbankan. 4 indikator kurang efektif yakni keberlanjutan tidak berjalan dengan baik karena belum adanya regulasi khusus yang mengatur terkait kawasan kuliner, indikator inovasi dalam konteks lokal dan dapat di transfer tidak menyediakan publikasi spesifik terkait data sekunder serta informasi khusus terkait pedagang kaki lima dikawasan kuliner pantai tak beromba dan daerah lain masih sulit mengadopsi konsep yang di terapkan. Indikator kesetaraan gender dan pengecualian sosial karena belum menonjolkan makanan khas tradisional dan kearifan lokal dalam penataan pedagang kaki lima, walaupun secara gender dan kearifan lokal tidak bertentangan dan indikator kepemimpinan dan pemberdayaan masyarakat karena komitmen bupati tidak sertai dengan kebijakan yang jelas serta tidak adanya konsep pemberdayaan pedagang kaki lima yang jelas pasca relokasi. Adapun indikator yang menjadi kekuatan dari inovasi ini adalah dampak. Indikator dampak memberikan manfaat baik bagi pedagang kaki lima, pemerintah maupun lingkungan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Pembangunan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:13
Last Modified: 08 Dec 2023 03:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28616

Actions (login required)

View Item
View Item