STRATEGI PUBLIK RELATIONS DALAM MENGELOLA OPINI PUBLIK DAN CITRA GUNA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PERUSAHAAN PT.MAKASSAR TENE


MIRYANTI, INDHIRA (2018) STRATEGI PUBLIK RELATIONS DALAM MENGELOLA OPINI PUBLIK DAN CITRA GUNA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PERUSAHAAN PT.MAKASSAR TENE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of fille text] Text (fille text)
INDHIRA MIRYANTI (P1400216001).pdf

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis strategi komunikasi public relations dalam mengelolah opini publik sebagai upaya mempertahankan eksistensi perusahaan dan (2) menjelaskan bagaimana pencitraan public relations guna eksistensi perusahaan.
Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka dan dokumentasi serta wawancara mendalam dengan informan yang berkompeten. Teknik penarikan informan secara purposive.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh External Relations dalam mengelola opini publik antara lain dengan mengidentifikasi opini publik dengan memantau pemberitaan di media dan melalui opinion leader, memenuhi permintaan DPRD kota makassar untuk melakukan pengecekan instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Kemudian
menunjukkan bukti hasil lab mutu air serta izin pengelolaan limbah yang dikeluarkan oleh kementrian lingkungan hidup. Setelah itu, diakukan pendekatan tanggung jawab sosial dengan membuka lapangan kerja yang diprioritaskan untuk petani tambak, dan membuat media komunikasi antara perusahaan dan publik khususnya opinion leader melalui aplikasi whatssup. Adapun bentuk pencitraan yang dilakukan untuk menjaga opini publik agar tetap stabil adalah melalui kegiatan charity/menjadi sponsorship utama dan memberikan respon yang cepat kepada kegiatan�kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:03
Last Modified: 07 Dec 2023 02:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28592

Actions (login required)

View Item
View Item