IMPLEMENTASI THE WOMEN, PEACE, AND SECURITY PROGRAMME TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI PEREMPUAN DI UGANDA = IMPLEMENTATION OF THE WOMEN, PEACE, AND SECURITY PROGRAMME TO INCREASE WOMEN'S PARTICIPATION IN UGANDA


Aulia, Dwiyana (2022) IMPLEMENTASI THE WOMEN, PEACE, AND SECURITY PROGRAMME TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI PEREMPUAN DI UGANDA = IMPLEMENTATION OF THE WOMEN, PEACE, AND SECURITY PROGRAMME TO INCREASE WOMEN'S PARTICIPATION IN UGANDA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181518_skripsi_28-10-2022 cover1.png

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181518_skripsi_28-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181518_skripsi_28-10-2022 dp.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181518_skripsi_28-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 September 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Republik Uganda merupakan salah satu negara di Afrika Timur yang pernah mengalami perang saudara dan menyebabkan banyak perempuan Uganda yang mengalami kerugian. Sejak tahun 2008 Uganda telah menerapkan National Action Plan III pada resolusi 1325 terkait Women, Peace, and Security yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam pencegahan dan penyelesaian konflik, serta pembangunan dan pemulihan perdamaian pasca konflik. Pemerintah Uganda mengajak UN Women untuk menjalankan dan membuat program seperti forum pelatihan peningkatan skill dan mediasi serta resolusi konflik kepada perempuan Uganda. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dan tantangan UN Women dalam implementasi The Women, Peace, and Security Programme terhadap peningkatan partisipasi perempuan dalam resolusi konflik di Uganda. Sedangkan konsep yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah konsep organisasi internasional, feminisme, dan pemberdayaan perempuan. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif yang jenis penelitian dan tahapan risetnya memanfaatkan data deskriptif seperti kata-kata yang tertulis dalam buku, jurnal, maupun berita. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan, maka selanjutnya penulis melakukan reduksi data, kemudian menyajikan data, dan selanjutnya menarik kesimpulan yang kemudian ditulis dalam skripsi ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui implementasi The Women, Peace, and Security Programme di Uganda telah berhasil meningkatkan partisipasi perempuan untuk ikut terlibat dalam resolusi konflik. Strategi yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi perempuan Uganda dalam resolusi konflik yaitu membuat beberapa forum pelatihan untuk perempuan Uganda baik itu perempuan yang berasal dari local community maupun komunitas pengungsi. UN Women dan aktor lainnya seperti The Peace Centre telah berhasil membuat beberapa forum pelatihan di beberapa distrik di Uganda untuk melatih kemampuan perempuan dalam melakukan proses mediasi dan resolusi konflik, skill report, serta mengidentifikasi tanda-tanda peringatan dini konflik. Tak hanya itu, jumlah perempuan yang menjadi Mediator Perdamaian Perempuan, Komite Perdamaian Distrik juga mengalami peningkatan. Dalam proses implementasi WPS Programme, UN Women mengalami tantangan seperti pada saat awal munculnya Covid-19 pemerintah Uganda melakukan lockdown sehingga aktivitas masyarakat dan pemerintah dikurangi sehingga forum pelatihan tidak dilaksanakan.

Keywords : WPS Programme, Resolusi 1325, UN Women, Resolusi Konflik, The Peace Centre

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: WPS Program, Resolution 1325, UN Women, Conflict Resolution, The Peace Center
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:52
Last Modified: 07 Dec 2023 01:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28588

Actions (login required)

View Item
View Item