ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN PIUTANG USAHA PADA PERUM LEMBAGA PENYELENGGARA PELAYANAN NAVIGASI PENERBANGAN INDONESIA


Setiyono, Nia Nanda Nugrayani (2023) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN PIUTANG USAHA PADA PERUM LEMBAGA PENYELENGGARA PELAYANAN NAVIGASI PENERBANGAN INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of A012212008_tesis_18-08-2023 bab 1-2.pdf] Text
A012212008_tesis_18-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of A012212008_tesis_18-08-2023 caver1.jpg]
Preview
Image
A012212008_tesis_18-08-2023 caver1.jpg

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of A012212008_tesis_18-08-2023 dp.pdf] Text
A012212008_tesis_18-08-2023 dp.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of A012212008_tesis_18-08-2023.pdf] Text
A012212008_tesis_18-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Nia Nanda Nugrayani Setiyono 2023 “Analisis Sistem Pengendalian Piutang Usaha Pada Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia”. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Muhammad Ali, S.E., M.S. Dan Dr. Mursalim Nohong, S.E., M.Si., CRA., CRP, CWM.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian intern atas piutang pada Perum LPPNPI dan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam mengurangi permasalahan piutang usaha pada Perum LPPNPI. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer bersumber dari hasil wawancara yang dilakukan kepada manajemen di Divisi Transaksi Keuangan. Wawancara dilakukan pada tanggal 06 Maret 2023 melalui media Zoom pukul 14.00 sampai dengan 16.00 WITA. Data sekunder bersumber dari dokumen laporan keuangan perusahaan yang diambil pada Perum LPPNPI Pusat melalui Laporan Keuangan perusahaan dalam periode 2016 sampai dengan 2021.
Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak manajemen, sistem terbaru untuk proses penagihan menggunakan aplikasi Stream Host to Host masih belum cukup menyederhanakan proses pembayaran karena pengguna jasa yaitu pihak maskapai penerbangan merasa terbebani oleh banyaknya administrasi. Oleh karena administrasi yang menerbitkan satu penerbangan terbit satu invoice dan satu faktur pajak tersebut membuat lambatnya proses pembayaran oleh pelanggan ke perusahaan sehingga berpotensi timbulnya piutang. Upaya manajemen dalam mengurangi piutang usaha adalah mengklasifikasikan pengguna jasa berdasarkan nilai piutang yang terbagi dalam 3 batch. Namun semua upaya tersebut belum terlihat dampak yang maksimal terhadap piutang karena belum adanya bentuk hukuman/ sanksi-sanksi yang dikenakan secara tegas selain sanksi administrasi. Perusahaan tidak dapat menghentikan penerbangan dikarenakan bergerak dalam pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:15
Last Modified: 07 Dec 2023 01:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28546

Actions (login required)

View Item
View Item