Analisis Implementasi Kerja Sama Indonesia-Korea Selatan dalam Kerangka Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) = Analysis of the Implementation of Indonesia-South Korea Cooperation in the Framework of the Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA)


Lestari, Suci (2022) Analisis Implementasi Kerja Sama Indonesia-Korea Selatan dalam Kerangka Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) = Analysis of the Implementation of Indonesia-South Korea Cooperation in the Framework of the Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181028_skripsi_28-10-2022 cover1.png

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181028_skripsi_28-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181028_skripsi_28-10-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181028_skripsi_28-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 September 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

SUCI LESTARI, E061181028. “Analisis Implementasi Kerja sama Indonesia-Korea Selatan dalam Kerangka Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA)”. Di bawah bimbingan Ibu Pusparida Syahdan, S.Sos selaku pembimbing I, M.Si dan Bapak Ishaq Rahman, S.IP, M.Si selaku pembimbing II, pada Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kerja sama ekonomi bilateral Indonesia dan korea selatan dengan memanfaatkan perjanjian Indonesia-Korea Comprehensive economic Partnership Agreement (IK-CEPA). Melalui kerja sama ini, kedua negara akan menjalin kerja sama ekonomi komprehensif yang didasarkan pada 3 pilar utama yaitu akses pasar pada perdagangan barang dan jasa, fasilitas perdagangan dan investasi serta kerja sama ekonomi dan pengembangan kapasitas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peluang yang dapat Indonesia capai dalam Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) serta strategi Indonesia dalam implementasi Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menjelaskan hasil penelitian secara terperinci dengan menggunakan analisis subjektif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui studi pustaka serta data primer yang didapatkan melalui wawancara. Peluang implementasi IK-CEPA di Indonesia adalah Kemudahan akses pasar bagi pelaku usaha Indonesia di Korea Selatan, menarik investasi yang besar dari Korea Selatan, Peningkatan Sumber Daya Manusia di Indonesia. Adapun strategi yang dilakukan Indonesia dalam implementasi IK-CEPA adalah peningkatan daya saing melalui pemanfaatan keunggulan industri nasional dan peningkatan produksi Industri.

Keywords : Kerja sama Bilateral, IK-CEPA, Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bilateral Cooperation, IK-CEPA, Indonesia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:50
Last Modified: 05 Dec 2023 07:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28529

Actions (login required)

View Item
View Item