GAMBARAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DI PUSKESMAS KOTA MAKASSAR


Ayuana Andini, Nur (2018) GAMBARAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DI PUSKESMAS KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
NUR AYUANA ANDINI _ C12114045.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Asuhan keperawatan komunitas adalah proses keperawatan yang dilakukan mulai dari pengkajian, penyusunan diagnosa, rencana tindakan keperawatan, pelaksanaan tindakan
keperawatan, evaluasi keperawatan hingga pendokumentasian pelaksanaan asuhan keperawatan komunitas. Namun, pada kenyataannya masih banyak perawat di puskesmas yang tidak
melaksanakan beberapa tahapan dari proses keperawatan komunitas tersebut yang disebabkan oleh beberapa faktor.
Tujuan: Untuk mengetahui gambaran faktor yang mempengaruhi pelaksanaan asuhan keperawatan komunitas di Puskesmas Kota Makassar.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi pelaksanaan asuhan keperawatan komunitas di 31 Puskesmas Kota Makassar. Sampel pada penelitian ini berjumlah 95 responden.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden di 31 Puskesmas Kota Makassar telah melaksanakan asuhan keperawatan komunitas (77,9%), ketersediaan budgeting di puskesmas sudah optimal (51,6%), mendapatkan pengakuan/penghargaan (85,3%), memiliki beban kerja yang
sesuai dengan tupoksi (60%), ketersediaan sarana dan prasarana di puskesmas sudah optimal (65,3%), pengetahuan responden tentang askep komunitas sudah baik (65,3%), pelaksanaan kerja tim di puskesmas sudah optimal (72,6%)
Kesimpulan dan saran: Penelitian ini memperlihatkan bahwa responden di 31 Puskesmas Kota Makassar telah melaksanakan asuhan keperawatan komunitas menurut persepsinya, dan memiliki beban kerja yang sesuai dengan tupoksi perawat namun berat sehingga mempengaruhi mereka dalam melaksanakan asuhan keperawatan komunitas. Diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan metode wawancara mendalam di setiap faktor - faktor yang ada. Disarankan kepada puskesmas untuk memberikan pelatihan tentang perawatan kesehatan masyarakat dan asuhan keperawatan komunitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:29
Last Modified: 30 Nov 2023 03:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28516

Actions (login required)

View Item
View Item