ANALISIS KADAR TUMOR NECROSIS FACTOR ALPHA (TNF-α) CAIRAN BILASAN BRONKUS PADA PASIEN KANKER PARU


SRI KARTINI, DEWI (2018) ANALISIS KADAR TUMOR NECROSIS FACTOR ALPHA (TNF-α) CAIRAN BILASAN BRONKUS PADA PASIEN KANKER PARU. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
TESIS DEWI SRI KARTINI C108214109.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tumor Necrosis Factor Alpha (TNF-α)adalah sitokin proinflamasi yang berperan penting pada imunitas bawaan dan adaptif, proliferasi sel dan apoptosis. Sel kanker adalah salah satu sel yang dapar mengsekresi TNF-α. Aktivasi TNF-α
pada NF-kB dan caspaseberperan pada efek proinflamasi dan antitumor. Cairan bilasan bronkus mengandung banyak sitokin termasuk TNF-α yang dihasilkan sel tumor dan berperan dalam proses keganasan paru. Tujuan penelitian adalah menganalisis kadar TNF-αcairan bilasan bronkus pada pasien kanker paru dan bukan kanker paru. Penelitian metode cross sectionaldilaksanakan di RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo, Makassar periode Mei2017-Maret 2018. Diperoleh 56 subyek penelitian yang terdiri atas 32 sampel kelompok kanker paru dan 24 sampel kelompok bukan kanker paru. Kadar TNF-α bilasan bronkus diperiksa menggunakan metode sandwich Enzyme Linked Immunosorbent Assay (ELISA). Data dianalisis secara statistik dengan uji Mann Whitney dan uji Kruskal�WallisHasil penelitian diperoleh perbedaan bermakna kadar TNF-α bilasan bronkus antara kelompok kanker paru (7.93pg/mL) dan kelompok bukan kanker paru (8.78pg/mL) dengan nilai p<0.05. Berdasarkan jenis histopatologi dan letak lesi tumorkelompok kanker paru tidak berbeda bermakna masing-masing antara Non-Small Cell Lung Cancer (8.28pg/mL) dan Small Cell Lung Cancer (7.24pg/mL) dengan nilai p>0,05; lesi sentral (8.21pg/mL) dan lesi perifer (7.38pg/mL) dengan nilai p<0.05. Median survival rate pada kadar TNF-α <8.78pg/mL lebih rendah dibandingkan jika ≥8.78 pg/mL pada kanker paru tipe NSCLC meskipun tidak ada perbedaan yang bermakna (p<0.05). Disimpulkan kadar TNF-α cairan bilasan bronkus menurun pada kelompok kanker paru dan memberikan prognosis yang buruk jika kadarnya rendah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS Ilmu Patologi Klinik
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:44
Last Modified: 29 Nov 2023 06:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28510

Actions (login required)

View Item
View Item