ANALISIS PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI TERKAIT TINDAK PIDANA KORUPSI (PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR 25/PUU-XIV/2016)


ARDHI TASLIM, M. SAIFUL (2018) ANALISIS PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI TERKAIT TINDAK PIDANA KORUPSI (PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR 25/PUU-XIV/2016). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
tesis fix burning.pdf

Download (934kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Ratio decidendi Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 25/PUU-XIV/2016 dan implikasi hukum yang ditimbulkan pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 25/PUU�XIV/2016
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Yuridis-Normative dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang telah dikumpulkan tersebut kemudian dikelompokkan dan dikaji berdasarkan pendekatan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual.
Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan pendapat hakim Mahkamah Konstitusi dalam pertimbangan hukumnya menyatakan bahwa penyelesaian kasus tindak pidana korupsi tidak selalu dengan cara menerapkan hukum pidana, artinya penerapan sanksi pidana sebagai upaya terakhir (ultimum remedium). korupsi merupakan kejahatan yang dapat mendatangkan korban dengan jumlah besar seharusnya dilakukan dengan instrument hukum pidana sebagai premium remedium dalam penegakannya. 2.) Implikasi Putusan MK RI Nomor 25/PUU-XIV/2016 menjadikan penghitungan kerugian negara harus secara benar terjadi. Instansi yang berwenang menyatakan ada tidaknya kerugian keuangan negara adalah Badan Pemeriksa Keuangan. Pembuktian kerugian negara
oleh BPK memerlukan waktu yang lama, sehingga memberikan pengaruh pada lambatnya proses hukum kasus tindak pidana korupsi, oleh karena itu hadirnya Putusan MK RI Nomor 25/PUU-XIV/2016 telah melemahkan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:39
Last Modified: 28 Nov 2023 01:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28505

Actions (login required)

View Item
View Item