INDUSTRI KOMODIFIKASI KAWAII OLEH PERUSAHAAN SANRIO


JIHAN HARTINA, NOER (2018) INDUSTRI KOMODIFIKASI KAWAII OLEH PERUSAHAAN SANRIO. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
SKRIPSI FIX -NOER JIHAN HARTINA.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sanrio sebagai perusahaan yang menjadikan aspek kawaii yang identik dengan nilai estetik menjadi komoditasnya untuk meraih keuntungan. Penelitian ini diharapkan dapat membuka peluang untuk ditelitinya industri budaya populer Jepang lebih lanjut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan ekonomi politik melalui laporan keuangan tahunan Sanrio untuk melihat kawaii bunka dari sudut pandang yang berbeda. Sanrio sebagai perusahaan Jepang yang telah berdiri sejak tahun 1960an mampu mempertahankan eksistensinya dengan menjadikan kawaii sebagai identitas
komoditasnya. Dalam perkembangannya demi meraih keuntungan ekonomi dan sebagai sarana diplomasi Jepang, kawaii oleh Sanrio ini kemudian mulai merambah pasar global. Berdasarkan hasil penelitian, sependapat dengan teori Adorno dan Horkheimer bahwa kebudayaan populer berhubungan dengan
ekonomi politik dan Kebudayaannya dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Meski budaya kawaii muncul sebagai budaya yang tercipta dikalangan pemuda, tetapi pada akhirnya budaya kawaii ini menjadi kebudayaan yang dibuat untuk mampu menjadi hal yang dibutuhkan oleh pasar .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:29
Last Modified: 28 Nov 2023 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28496

Actions (login required)

View Item
View Item