ANALISIS PEMERINTAHAN DALAM PENERAPAN E – GOVERNMENT MELALUI DIGITALISASI PELAYANAN PAJAK MENUJU SOCIETY 5.0 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK MADYA KOTA MAKASSAR = GOVERNMENT ANALYSIS IN THE APPLICATION OF E-GOVERNMENT THROUGH DIGITIZATION OF TAX SERVICES TOWARDS SOCIETY 5.0 AT THE MAKASSAR CITY INTERMEDIATE TAX SERVICE OFFICE


Auliah, Andi Rizka (2023) ANALISIS PEMERINTAHAN DALAM PENERAPAN E – GOVERNMENT MELALUI DIGITALISASI PELAYANAN PAJAK MENUJU SOCIETY 5.0 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK MADYA KOTA MAKASSAR = GOVERNMENT ANALYSIS IN THE APPLICATION OF E-GOVERNMENT THROUGH DIGITIZATION OF TAX SERVICES TOWARDS SOCIETY 5.0 AT THE MAKASSAR CITY INTERMEDIATE TAX SERVICE OFFICE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191026_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E051191026_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191026_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191026_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI RIZKA AULIAH, Nomor Induk Mahasiswa E051191026, Program studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Skripsi yang berjudul “Analisis Pemerintahan Dalam Penerapan E-Government Melalui Digitalisasi Pelayanan Pajak Menuju Society 5.0 di Kantor Pelayanan Pajak Madya Kota Makassar”, dibawah bimbingan Ibu Dr. Indar Arifin, M.Si sebagai Pembimbing Utama dan Bapak Dr. A. Lukman Irwan, S.IP, M.Si. sebagai Pembimbing Pendamping.

Pemerintahan Indonesia terus berinovasi dalam mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat. Salah satunya dengan mengimplementasikan sistem Electronic Government (E-Government) yang memanfaatkan teknologi demi mewujudkan pelayanan yang efisien, efektif dan transparan. Salah satu sektor pelayanan publik yang giat mengadopsi teknologi adalah sektor perpajakan. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah meluncurkan layanan pajak secara online yakni DJP online dan aplikasi pajak online lainnya yang bertujuan untuk memudahkan para Wajib Pajak. Digitalisasi pelayanan pajak terus berkembang dalam rangka menuju Society 5.0 yang diharapkan mampu menghasilkan masyarakat yang cerdas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui segala bentuk penerapan digitalisasi pelayanan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Madya Kota Makassar mulai dari sistem, mekanisme dan prosedur, jangka waktu penyelesaian, sarana dan prasarana serta sumber daya manusia didalamnya. Selain itu, untuk mengetahui bentuk sosialisasi dari Kantor Pelayanan Pajak Madya Makassar guna memberikan pemahaman kepada Wajib Pajak terhadap mekanisme pelayanan pajak yang telah berbasis online. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kantor Pelayanan Pajak Madya Kota Makassar telah menerapkan digitalisasi pelayanan pajak hampir secara menyeluruh dan telah mengupayakan berbagai bentuk edukasi terhadap Wajib Pajak. Akan tetapi, masih ada Wajib Pajak yang belum memahami tentang mekanisme kewajiban perpajakan yang sudah menggunakan sistem teknologi digital yang menjadi tugas utama KPP Madya Makassar dalam mengevaluasi kekurangan tersebut.

Kata Kunci: Pemerintahan, E-Government, Digitalisasi, Pelayanan Pajak, Society 5.0

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Government, E-Government, Digitalization, Tax Services, Society 5.0
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:40
Last Modified: 29 Nov 2023 06:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28488

Actions (login required)

View Item
View Item