Analisis Semantik pada Metafora ditemukan pada lirik – lirik pilihan Coldplay


FAUZIAH R, SYIFA (2018) Analisis Semantik pada Metafora ditemukan pada lirik – lirik pilihan Coldplay. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
Syifa Fauziah R.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis makna metafora pada lirik-lirik lagu tertentu pada lagu Coldplay dan menemukan aspek metafora yang terkandung dalam lirik lagu Coldplay.
Data secara langsung dikumpulkan dari lagu itu sendiri. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis menganalisis kata-kata, frase, dan kalimat yang memiliki arti kiasan. Untuk mencapai tujuan penelitian ini penulis menggunakan dua langkah yaitu mengidentifikasi dan mengklasifikasikan arti kiasan berdasarkan teori Keraf (2006) tentang metafora dan menganalisis aspek metafora.
Peneliti telah menemukan lima aspek pada data penelitian, yaitu aspek kosmologi, emosional, material, kimiawi, lokasi. Aspek dominan yang ditemukan pada penelitian ini adalah aspek kosmologi. Penulis lagu menggunakan metafora dan aspek kosmologi untuk memperindah bahasa pada lagu dan menyampaikan pesan secara implisit pada lagu.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:22
Last Modified: 28 Nov 2023 01:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28487

Actions (login required)

View Item
View Item