Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan UMKM Sektor Pertanian Dan Peternakan DI Kabupaten Sidenreng Rappang = The Role of Local Government in the Development of UMKM in the Agriculture and Livestock Sector in Sidenreng Rappang Regency


Muk'min, Amirul (2023) Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan UMKM Sektor Pertanian Dan Peternakan DI Kabupaten Sidenreng Rappang = The Role of Local Government in the Development of UMKM in the Agriculture and Livestock Sector in Sidenreng Rappang Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191025_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E051191025_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191025_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191025_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

AMIRUL MUK’MIN, Nomor Induk Mahasiswa E051191025, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Menyusun Skripsi dengan judul : “Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan UMKM Sektor Pertanian Dan Peternakan Di Kabupaten Sidenreng Rappang” , dibawah bimbingan Bapak Dr. H. A. M. Rusli, M.Si dan Bapak Dr. A. Lukman Irwan, S.IP, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah daerah dalam pengembangan umkm pertanian dan peternakan di kabupaten Sidrenreng Rappang beserta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengembangan umkm pertanian dan peternakan di Kabupaten Sidrap.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif deskriptif, yaitu dimaksudkan untuk eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial, dengan jalan mendeskripsikan data dan juga fakta yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan penggambaran terkait pengembangan umkm pertanian dan peternakan di Kabupaten Sidrap baik itu dari segi faktor pendukungnya dan juga faktor penghambatnya.
Adapun hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa peran pemerintah dalam pengembangan umkm pertanian dan peternakan di Kabupaten Sidrap belum seluruhnya optimal dijalnkan. Pelatihan – pelatihan dan bantuan yang di berikan kepada pelaku umkm belum maksimal. Faktor penghambat penghambat pengembangan umkm pertanian dan peternakan di Kabupaten Sidrap yaitu, keterbatasan SDM usaha kecil baik dari segi pendidikan formal maupun pengetahuan dan keterampilannya secara tidak langsung mempengaruhi keterbatasan informasi dan memacu rendahnya kreativitas, kurangnya pengembangan pengetahuan teknologi kepada pelaku umkm sehingga kegiatan produksi dan pemasaran belum maksimal, dan bantuan modal yang belum maksimal di berikan kepada umkm pertanian dan peternakan di Kabupaten Sidrap, Sedangkan faktor pendukung adalah kemitraan yang di lakukan oleh umkm dengan lembaga – lembaga untuk mendapatkan bantuan dan pemberdayaan melalui pelatihan – pelatihan yang di berikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Sidrap.

Kata Kunci : Pengembangan, Pelatihan, Pemberdayaan, Pemerintah Kabupaten

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Training, Empowerment, District Government
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:19
Last Modified: 28 Nov 2023 01:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28484

Actions (login required)

View Item
View Item