AYYU WA ISTI'MALATUHA FIAYATIL QUR ANIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH NAHWIYYAH)


Ibrahim, Ibrahim (2018) AYYU WA ISTI'MALATUHA FIAYATIL QUR ANIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH NAHWIYYAH). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
الرسالة.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Keindahan bahasa Al-Qur’an telah menarik perhatian seputar peneliti tentang nahwu, akan tetapi belum ada yang membahas tentang Isim Ayyu secara khusus baik dalam Kitab maupun dalam Al-Qur’an. Dipilihnya al-qur’an sebagai objek penelitian ini karena terdapat banyak isim ayyu yang memiliki fungsi dan Makna yang berbeda-beda, yang mana terkadang sebagai Isim Mawshul, Isim Istifham dan Isim Syart. Sedangkan dari segi fungsi terkadang Manshub, Majrur maupun Marfu’ tergantung dari stukur kata dan kalimatnya.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research) dengan pendekatan Deskriptif Kualitatif . Data penelitian ini adalah Ayat-Ayat Al-Qur’an yang di dalamnya memuat Isim ayyu.
Adapun hasil penelitiannya, peneliti menemukan 60 ayat yang teridentifikasi memuat Isim Ayyu dalam Al-Qur’an . Ditinjau dari segi Fungsi Isim Ayyu, peneliti menemukan 3 yaitu Manshub, Majrur dan Marfu’. Isim Ayyu yang berfungsi sebagai Manshub terdapat sebanyak 3 ayat, Marfu’ 14 Ayat dan Majrur 42 Ayat. Sedangkan dari segi Makna ada 3 yaitu sebagai Istifham, Mawhul, dan Adawat Syart. Sebagai Isim Mawshul terdapat 2 ayat, Istifham 54 ayat dan Adawat Syart 3 Ayat. Adapun kedudukan Isim Ayyu dalam Al-Qur’an yaitu Manshub karena Maf’ul’, Marfu’ karena Mubtada, Majrur karena Hurf Jar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:18
Last Modified: 28 Nov 2023 01:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28483

Actions (login required)

View Item
View Item