IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DALAM PENGENDALIAN DAN PENERTIBAN PENGEDARAN MINUMAN BERALKOHOL DI KABUPATEN WAJO = IMPLEMENTATION OF POLICIES IN CONTROL AND DISCIPLINARY OF ALCOHOLIC BEVERAGE CIRCULATION IN WAJO REGENCY


Ryansyah, Muhammad Septy (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DALAM PENGENDALIAN DAN PENERTIBAN PENGEDARAN MINUMAN BERALKOHOL DI KABUPATEN WAJO = IMPLEMENTATION OF POLICIES IN CONTROL AND DISCIPLINARY OF ALCOHOLIC BEVERAGE CIRCULATION IN WAJO REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051181502_skripsi_07-11-2022 cover1.png

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051181502_skripsi_07-11-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051181502_skripsi_07-11-2022 dp.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051181502_skripsi_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2025.

Download (10MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD SEPTY RYANSYAH, Nomor Pokok E 051 181 502. Program studi Ilmu Pemerintahan, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, menyusun Skripsi dengan judul “Implementasi Kebijakan dalam Pengendalian dan Penertiban Pengedaran Minuman Beralkohol di Kabupaten Wajo” dibawah bimbingan Prof. Dr. Nurlinah, M.Si dan Rahmatullah, S.IP, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan dalam Pengendalian dan Penertiban Pengedaran Minuman Beralkohol di Kabupaten Wajo serta mengetahui faktor-faktor yang menghambat penerapan pengawasan dan penertiban minuman beralkohol di Kabupaten Wajo. Metode penelitian ini berupa penelitian kualitatif untuk mengungkapkan data secara deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur, kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan mengenai Peraturan daerah tentang pengendalian dan penertiban pengedaran minuman beralkohol di kabupaten wajo, tata cara dan perizinan penjualan minuman beralkohol terdiri dari SIUP-MB distributor untuk IT-MB, Distributor sub distributor, pengecer dan Penjual langsung untuk minum. Perizinan tersebut harus diketahui oleh Bupati dengan ketentuan jenis minuman beralkohol yang dapat dimasukkan, disalurkan, diedarkan dan atau dijual harus sesuai dengan jenis yang ditetapkan dalam SIUP-MB. Pengendalian dan penertiban yang dilakukan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Wajo sudah berjalan semaksimal mungkin dengan melakukan pengawasan hingga penertiban yang dilaksanakan oleh Tim Terpadu. Akan tetapi, pada kenyataannya masih ada beberapa masalah-masalah yang ditemui seperti sosialiasasi belum efektif yang berdampak ada beberapa pelaku usaha tidak memiliki izin penjualan, sarana dan prasarana dalam melakukan pengawasan dan penertiban yang kurang memadai dan kurangnya kesadaran dan pengetahuan aparat pelaksana kebijakan terkait kebijakan Peraturan daerah No. 1 Tahun 2010 tentang Pengendalian dan penertiban pengedaran minuman beralkohol di Kabupaten Wajo.

Keywords : Minuman beralkohol, pengawasan, penertiban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alcoholic drinks, supervision, disciplinary
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:44
Last Modified: 27 Nov 2023 02:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28462

Actions (login required)

View Item
View Item