PERANAN PEREMPUAN DALAM MENGATASI BENCANA ALAM YANG DIGAMBARKAN DALAM NOVEL THE GRAPES OF WRATH KARYA JOHN STEINBECK


Hidayah Natsir, Nur (2019) PERANAN PEREMPUAN DALAM MENGATASI BENCANA ALAM YANG DIGAMBARKAN DALAM NOVEL THE GRAPES OF WRATH KARYA JOHN STEINBECK. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
Thesis Nur Hidayah Natsir.pdf

Download (889kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menggambarkan dampak bencana alam terhadap perempuan dan menguraikan peranan perempuan dalam mengatasi bencana alam yang dideskripsikan melalui tokoh-tokoh perempuan yang terdapat di dalam novel.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kritik sastra ekofeminisme. Data penelitian berasal dari frasa, dialog, dan ungkapan-ungkapan para tokoh dan narrator dalam novel.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perempuan menghadapi beberapa masalah yang berbeda terkait dengan masalah gender dan ada empat dampak bencana lingkungan terhadap perempuan termasuk diskriminasi gender, kerentanan ekonomi, rentan terhadap kekerasan dan pelecehan seksual, dan kurangnya perawatan kesehatan dan persediaan kebersihan yang diperlukan. Hasil penelitian lainnya mengungkapkan bahwa perempuan memiliki peran penting, baik itu terkait dalam peranan domestik ataupun peranan transformatif terkait dengan penanganan sebelum dan setelah bencana alam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 21 Nov 2023 05:56
Last Modified: 21 Nov 2023 05:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28424

Actions (login required)

View Item
View Item