Implementasi Program Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT – DD) Di Desa Tondon Langi’ Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara = Implementation of the Direct Cash Assistance – Village Fund (BLT – DD) Program in Tondon Langi Village, Tondon District, North Toraja Regency


Putri, Puspita Eka (2023) Implementasi Program Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT – DD) Di Desa Tondon Langi’ Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara = Implementation of the Direct Cash Assistance – Village Fund (BLT – DD) Program in Tondon Langi Village, Tondon District, North Toraja Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041191042_skripsi_07-06-2023 c1.png

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041191042_skripsi_07-06-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041191042_skripsi_07-06-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041191042_skripsi_07-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Puspita Eka Putri E041191042. Implementasi Program Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT – DD) Di Desa Tondon Langi’ Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Di bawah bimbingan Armin Arsyad sebagai Pembimbing Utama dan Ummi Suci Fathia Bailusy sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis Implementasi Proses Pembagian Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT - DD) Di Desa Tondon Langi’ Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Dalam Program Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT - Dana Desa) diperuntukkan bagi masyarakat yang kehilangan mata pencaharian akibat Covid-19, dan diutamakan masyarakat yang belum pernah mendapat bantuan sosial. Sedangkan kenyataannya terdapat masyarakat di Desa Tondon Langi’ yang mendapatkan Bantuan Sosial Lebih dari satu dan bahkan ada pula yang tidak mendapatkan sama sekali.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan kemudian dibahas dalam kerangka teoritis model implementasi kebijakan publik menurut Van Matter dan Van Horn.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa di Desa Tondon Langi’ sudah berjalan atau terlaksana dengan baik, para pelaksana program BLT-DD telah menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan aturan Permendes PDTT Nomor 7 Tahun 2020. Namun dalam pelaksanaannya masih ada beberapa miskomunikasi dan masalah-masalah yang terjadi di lapangan. Kendala atau faktor penghambat dalam pelaksanaan Implementasi Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai- Dana Desa di Desa Tondon Langi’ terdapat pada pendataan dari pemerintah yang tidak tepat sasaran dalam arti tidak sesuai dengan fakta di lapangan, banyak orang mampu yang dapat bantuan sedangkan yang miskin tidak dapat kerena tidak masuk dalam data pemerintah.
Kata Kunci : Dana Desa, Bantuan Langsung Tunai, Implementasi Kebijakan

Keywords : Dana Desa, Bantuan Langsung Tunai, Implementasi Kebijakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Village Funds, Direct Cash Assistance, Policy Implementation
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Nov 2023 05:47
Last Modified: 21 Nov 2023 05:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28419

Actions (login required)

View Item
View Item