ANALISIS DAYA DUKUNG LAHAN PERTANIAN INTENSIF HORTIKULTURA DI KABUPATEN ENREKANG (STUDI: KECAMATAN ANGGERAJA)


Laga, Zelvi (2019) ANALISIS DAYA DUKUNG LAHAN PERTANIAN INTENSIF HORTIKULTURA DI KABUPATEN ENREKANG (STUDI: KECAMATAN ANGGERAJA). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
TESIS_1.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah status daya dukung lahan pertanian di Kecamatan Anggeraja surplus atau defisit, Hubungan antara kemampuan lahan dan daya dukung lahan, serta mencari upaya meningkatkan daya dukung lahan pertanian intensif hortikultura di Kecamatan Anggeraja.

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Anggeraja. Jenis penelitian ini adalah survei dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif berupa pengumpulan data lapangan, pengolahan data lapangan, serta metode pemetaan untuk melihat kekampuan lahan pada lokasi penelitian. Analisis daya dukung lahan pertanian berdasarkan pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 17 Tahun 2009 dan analisis spasial kemampuan lahan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecamatan Anggeraja berstatus surplus. Surplus karena nilai ketersediaan lahan (SL) lebih besar dari nilai kebutuhan lahan (DL) yang menunjukkan bahwa ketersediaan lahan masih mencukupi kebutuhan produk hayati di Kecamatan Anggeraja. Upaya peningkatan daya dukung lahan pertanian intensif hortikultura meliputi komponen dukungan sarana antara lain embung dan jalan, dukungan prasarana antara lain pupuk dan pestisida serta modal, dukungan produktivitas lahan antara lain pemilihan bibit unggul, penggunaan pupuk organik, dan pengendalian hama terpadu, dukungan konservasi sumberdaya alam dan lingkungan antara lain pergiliran tanaman, terasering dan guludan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Pengelolaan Lingkungan Hidup
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:59
Last Modified: 17 Nov 2023 06:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28395

Actions (login required)

View Item
View Item