Politisi Perempuan Dalam Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten Gowa = Women Politicians in Gender Mainstreaming (PUG) Policies in Gowa . District


Todja, Andi Batari (2022) Politisi Perempuan Dalam Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten Gowa = Women Politicians in Gender Mainstreaming (PUG) Policies in Gowa . District. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041181503_skripsi_07-11-2022 cover1.png

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041181503_skripsi_07-11-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041181503_skripsi_07-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041181503_skripsi_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Andi Batari Todja. NIM E04181503: Politisi Perempuan Dalam Kebijakan Pengarusutamaan Gender di DPRD Kabupaten Gowa. Dibawah Bimbingan Ariana Yunus dan Sakinah Nadir.

Pengarusutamaan gender (PUG) merupakan suatu strategi untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah legislator perempuan di Kabupaten Gowa bisa menjadi representasi dan memperjuangkan hak hak perempuan dan bagaimana legislator perempuan di Kabupaten Gowa memasukkan aspek-aspek mengenai PUG dalam proses pengambilan keputusan dan pengawasan di DPRD. Teori yang digunakan yaitu teori peran dari dari Soerjono Soekanto. Dasar penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui analisis deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ditemukan bahwa Fungsi Pengawasan dalam pengarusutamaan Gender di DPRD kabupaten gowa adalah memasukkan unsur kebijakan yaitu bergerak dinamis, bekerja secara profesional penuh tanggung jawab, dapat menjadi seorang pemimpin dan menjadi pelopor memberantas segala bentuk penyimpangan terhadap perempuan serta mampu mengambil keputusan secara rasional dan terukur. Fungsi Legislasi dalam pengarusutamaan Gender di DPRD Kabupaten Gowa memasukkan unsur kebijakan mendengarkan aspirasi dari masyarakat dan dapat melahirkan sebuah kebijakan dan tidak diberi bataasan dalam keterlibatannya terhadap pembuatan kebijakan yang merupakan fungsi anggota legislasi di DPRD Gowa.

Keywords : Politisi Perempuan, Pengarusutamaan Gender (PUG), Legislasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Female Politician, Mainstream Gender (PUG), Legislation
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:03
Last Modified: 14 Nov 2023 04:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28394

Actions (login required)

View Item
View Item