PERILAKU MAHASISWA DALAM BERBELANJA DI SITUS ONLINE (Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin)


KHOTIMAH, ANA KHUSNUL (2019) PERILAKU MAHASISWA DALAM BERBELANJA DI SITUS ONLINE (Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file teks] Text (file teks)
SKRIPSI LENGKAP-SOSIOLOGI-ANA KHUSNUL KHOTIMAH.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini adalah mengenai perilaku mahasiswa di FISIP UNHAS dalam berbelanja, dimana belanja disini dibagi menjadi dua yakni belanja secara konvensional (belanja langsung) dan belanja di situs online (melalui internet).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dan sikap, intensitas belanja, jenis barang dan faktor pendorong mahasiswa melakukan belanja di situs online terutama mahasiswa di FISIP UNHAS. Jumlah populasi mahasiswa angakatn 2015,2016 dan 2017 adalah 1.077 orang dengan sampel 110 orang responden. Penentuan responden menggunakan teknik
proportional sampling dan stratified samplin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tipe penelitian yang digunakan yaitu penelitian deksriptif dan dasar penelitiannya adalah kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pergeseran dari makna berbelanja
dimana arti belanja untuk pemenuhan kebutuhan tetapi sekarang menjadi pemenuhan hasrat atau keinginan. Dalam berbelanja juga masyrakat terutama mahasiswa lebih menyukai belanja di situ online dibandingkan berbelanja secara
langsung atau konvensional. Adapun jenis-jenis barang yang dibeli dalam situs online dan faktor pendorong yang melatar belakangi mahasiswa melakukan belanja di situs online. Dengan kemajuan teknologi yang signifikan membuat pola
berbelanja masyarakatpun berubah terutama mahasiswa dimana sekarang mahasiswa lebih cenderung menyukai belanja di situs online dibandingkan belanja secara konvensional, dalam berbelanja juga penyediaan budgedpun bervariasi mulai dari paling rendah hingga paling tinggi. Kemudahan-kemudahan
yang ditawarkan membuat mahasiswa menjadi lebih konsumtif dan bergantung dengan belanja di situs online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:17
Last Modified: 16 Nov 2023 06:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28353

Actions (login required)

View Item
View Item