PENILAIAN PROSES PEMBELAJARAN KOMPETENSI DOKTER PADA MAHASISWA PROGRAM PROFESI DI DEPARTEMEN ILMU PENYAKIT SARAF FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN BERDASARKAN LOGBOOK & KUESIONER PERIODE JULI-AGUSTUS 2018


Laurenzio, Dion Kavin (2018) PENILAIAN PROSES PEMBELAJARAN KOMPETENSI DOKTER PADA MAHASISWA PROGRAM PROFESI DI DEPARTEMEN ILMU PENYAKIT SARAF FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN BERDASARKAN LOGBOOK & KUESIONER PERIODE JULI-AGUSTUS 2018. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Skripsi Dion Kavin Laurenzio_C11115526.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Mahasiswa kedokteran dikatakan profesional jika mereka mendapatkan pelatihan medis dan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan klinis dan diagnostik mereka dengan patokan kompetensi dokter umum dalam tuntutan pemenuhan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat kedepannya.
Maka dari itu, logbook telah digunakan secara luas sebagai alat untuk mengetahui aktivitas mahasiswa dalam pemenuhan kompetensi.
Tujuan : Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kompetensi dokter melalui proses pembelajaran, mengamati kepatuhan mahasiswa dalam mengisi logbook, distribusi waktu belajar, jumlah kasus yang didapatkan, dan metode belajar
yang digunakan.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif beserta pendekatan retrospektif dan desain cross-sectional pada Mahasiswa program profesi di Departemen Ilmu Penyakit Saraf FK Unhas Periode Juli-Agustus 2018, melalui penggunaan logbook dan kuesioner sebagai sumber data penelitian. Data lalu diolah dan dianalisis menggunakan program Microsoft Excel 2010 dan hasilnya disajikan dalam bentuk tabel yang disertai penjelasan.
Hasil Penelitian : Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 50 orang yang memenuhi kriteria seleksi. Berdasarkan kuesioner diketahui tidak ada penyakit yang tidak pernah didapatkan mahasiswa walaupun tidak setiap mahasiswa mendapatkan semua
penyakit kompetensi 3A, 3B dan 4. Keterampilan Klinik yang didapatkan mahasiswa tidak merata. Mahasiswa lebih sering didampingi residen dalam proses pembelajaran. Mahasiswa lebih banyak mendapatkan proses pembelajaran dari metode Diskusi Kasus.
Kesimpulan: Sebaran kasus yang didapatkan mahasiswa pada Departemen Ilmu Penyakit Saraf sudah mencapai kompetensi untuk kompetensi 4A, 3A dan 3B.Kompetensi kurang dicapai untuk keterampilan klinik.
Kata Kunci: Logbook, Neurologi, Kompetensi Mahasiswa, Waktu Belajar, Metode Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:13
Last Modified: 14 Nov 2023 01:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28315

Actions (login required)

View Item
View Item