FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH PEMBELIAN TELUR AYAM RAS DI PASAR TERONG KOTA MAKASSA


ARIF, MUHAMMAD (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH PEMBELIAN TELUR AYAM RAS DI PASAR TERONG KOTA MAKASSA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
MUHAMMAD ARIF SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu bidang agribisnis yang berkembang di Indonesia adalah bidang peternakan
yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia baik, dari segi kesejahteraan hidup
masyarakat dapat meningkatkan gizi yang lebih tinggi, dan dari segi kesejahteraan beternak
dapat meningkatkan pendapatan.
Harapan dari penjual telur ayam ras di pasar Terong, adanya peningkatan dalam jumlah
pembelian atau permintaan telur ayam ras, namun pada kenyataannya tidak sesuai apa yang di
harapkan oleh penjual telur ayam ras yaitu mengalami jumlah pembelian telur ayam ras
mengalami fluktuatif. Oleh karena itu dengan berlandaskan masalah tersebut, maka kami selaku
peneliti ingin melakukan penelitian dengan melakukan pendekatan serta pengalaman teori yang
di pelajari yaitu meliputi: harga telur, kualitas telur, kualitas layanan, pendapatan, dan dilihat dari
jumlah anggota keluarga. Berdasarkan hal tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan
penelitian yang berjudul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian
Telur Ayam Ras di Pasar Terong, Kota Makassar”.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
faktor harga, kualitas telur, kualitas layanan, pendapatan, dan jumlah anggota keluarga
berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap jumlah pembelian telur
ayam ras dipasar Terong, kota Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal Agustus 2013, lokasi penelitian di Pasar Terong,
Kota Makassar Jenis penelitian yang dilakukan adalah Kuantitatif Explanatori yaitu menjelaskan
hubungan antara variabel independen/ variabel yang mempengaruhi (Faktor Harga, Kualitas
Telur, Kualitas Layanan, Jumlah Anggota Keluarga, dan pendapatan. variabel yang dipengaruhi
(Jumlah Pembelian telur ayam ras). Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan konsumen
yang membeli telur ayam ras dipasar Terong, kota Makassar. Dimana teknik pengambilan
sampel ini secara acak dan memberikan peluang yang sama kepada semua populasi untuk dapat
dipilih sebagai sampel, yaitu berjumlah 92 responden Setelah di lakukan perhitungan dengan
menggunakan rumus Slovin. Analisa data yang digunakan adalah Regresi Linear berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial hanya faktor kualitas layanan yang tidak
berpengaruh secara signifikan, sedangkan secara simultan semua faktor yang mempengaruhi
jumlah pembelian telur ayam ras di pasar Terong berpengaruh secara signifikan. Dan Faktor
yang paling dominan berpengaruh terhadap pembelian telur ayam ras di pasar Terong, kota
Makassar adalah faktor kualitas telur, dimana faktor kualitas telur memiliki nilai determinasi
yang paling besar dibandingkan faktor lainnya yaitu sebesar 5,060 dan nilai signifikasi yang
paling kecil yaitu 0,000 sehingga menyebabkan faktor inilah yang paling dominan dibandingkan
faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:24
Last Modified: 02 Nov 2023 07:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28288

Actions (login required)

View Item
View Item