PEMANFAATAN ISOLAT PROBIOTIK ASAL TAPE SINGKONG SEBAGAI ANTIDOTUM LOGAM MERKURI (Hg) PADA TIKUS Rattus norvegicus


ASNIDAR, ASNIDAR (2019) PEMANFAATAN ISOLAT PROBIOTIK ASAL TAPE SINGKONG SEBAGAI ANTIDOTUM LOGAM MERKURI (Hg) PADA TIKUS Rattus norvegicus. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
Draft Skripsi.pdf

Download (883kB)

Abstract (Abstrak)

Makanan fermentasi adalah makanan yang diproses dengan bantuan mikroorganisme atau komponen biologis lainnya. Tape merupakan produk yang dihasilkan dari proses fermentasi, yang mengalami suatu perombakan bahan dan degradasi komponen pati menjadi dekstrin dan glukosa, selanjutnya glukosa diubah menjadi alkohol. Salah satu mikroorganisme yang berperan penting dalam proses fermentasi adalah bakteri asam laktat (BAL) yang memiliki sifat sebagai probiotik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi bakteri probiotik asal tape singkong secara in vivo sebagai antidotum keracunan merkuri (Hg) pada hewan uji tikus Rattus norvegicus. Penelitian dilakukan dengan memberi 5 perlakuan berbeda dengan masing-masing 3 ulangan. Hasil yang diamati ialah kadar merkuri dalam darah serta kondisi morfologi secara berkala selama 14 hari perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian bakteri probiotik asal tape singkong berpengaruh dalam menurunkan kadar metil merkuri dalam darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Biologi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:23
Last Modified: 02 Nov 2023 06:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28277

Actions (login required)

View Item
View Item