Strategi Komunikasi Pengendalian Dampak Lingkungan Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Semen Tonasa = Communication Strategy for Controlling Environmental Impacts Through Corporate Social Responsibility (CSR) Programs at PT. Tonas Cement


Muhtar, Sitti Murniati (2023) Strategi Komunikasi Pengendalian Dampak Lingkungan Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Semen Tonasa = Communication Strategy for Controlling Environmental Impacts Through Corporate Social Responsibility (CSR) Programs at PT. Tonas Cement. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E033172005_disertasi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E033172005_disertasi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E033172005_disertasi_03-05-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E033172005_disertasi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 September 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi komunikasi, dan prioritas PT. Semen Tonasa dalam mengendalikan dampak lingkungan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), serta faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan strategi komunikasi dampak lingkungan dalam program Corporate Social Responsibility (CSR).Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis dengan metode penelitian kualitatif, pengambilan data dilakukan di kantor pusat PT. Semen Tonasa Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Data yang dianalisis secara interaktif pada setiap tahapan yang meliputi: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, sampai pada penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan, dalam menjalankan strategi komunikasi pengendalian dampak lingkungan PT. Semen Tonasa melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dilakukan beberapa langkah untuk membentuk persepsi yang sama dengan masyarakat, seperti mengenal khalayak, penyampaian pesan, metode dan media penyampaian pesan,sampai pada penentuan tujuan. Pengendalian dampak lingkungan merupakan salah satu Prioritas PT. Semen Tonasa dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) karena tidak hanya berkaitan ekonomi dan sosial yang harus diperhatikan akan tetapi berkaitan dengan kesehatan lingkungan, pengendalian tidak hanya dilakukan internal perusahaan akan tetapi secara eksternal dilakukan seperti reklamasi bekas lahan dan penghijauan, hal tersebut didukung dengan keterlibatan masyarakat dan forum Desa dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Keywords : Strategi, komunikasi, Lingkungan, Masyarakat, Dampak

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Communication, Environment, Community, Impact
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:13
Last Modified: 02 Nov 2023 06:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28261

Actions (login required)

View Item
View Item