PEMAHAMAN DOKTER TERHADAP GRATIFIKASI DALAM DUNIA KEDOKTERAN DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR


Isfadina, Chairunissa (2017) PEMAHAMAN DOKTER TERHADAP GRATIFIKASI DALAM DUNIA KEDOKTERAN DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasahudin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Jalinan kerjasama antara dokter dan perusahaan farmasi bukan merupakan suatu hal yang baru. Namun pada beberapa waktu terakhir, public diresahkan pemberitaan di media massa yang menyoroti dugaan jaringan persekongkolan perusahaan farmasi dengan dokter, yang disinyalir tidak sejalan dengan kode etik profesi serta termasuk kategori praktek gratifikasi.
Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Instrumen penelitiannya berupa kuesioner tertutup yang nanti akan di berikan kepada responden. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling Selain itu, untuk menambahkan data-data dan menegakkan landasan teori, peneliti mengumpulkan bahan bacaan yang berhubungan dengan masalah yang di teliti atau dengan cara browsing artikel-artikel.
Kesimpulan: Sebanyak 30% dari 93 responden, memiliki pemahaman yang kurang mengenai gratifikasi, dan sebaliknya terdapat 30% responden dari 93 responden, yang memiliki pemahaman yang cukup mengenai gratifikasi. Menurut Nursalam (2008), tingkat pemahaman dikatakan kurang bila presentasi <60%.
Kata kunci: tindak pidana korupsi, gratifikasi, sponsorship

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:49
Last Modified: 02 Nov 2023 04:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28257

Actions (login required)

View Item
View Item