ANALISIS KEBERLANJUTAN LINGKUNGAN HIDUP MASYARAKAT DI BANTARAN SUNGAI TALLO KOTA MAKASSAR: ANCAMAN LINGKUNGAN VS PEMENUHAN KEBUTUHAN HIDUP = ANALYSIS OF ENVIRONMENTAL SUSTAINABILITY IN COMMUNITIES IN THE TALLO RIVER BANK, MAKASSAR CITY: ENVIRONMENTAL THREATS VS FULFILLMENT OF LIFE'S NEEDS


Ekawati L, Nur Fitrian (2023) ANALISIS KEBERLANJUTAN LINGKUNGAN HIDUP MASYARAKAT DI BANTARAN SUNGAI TALLO KOTA MAKASSAR: ANCAMAN LINGKUNGAN VS PEMENUHAN KEBUTUHAN HIDUP = ANALYSIS OF ENVIRONMENTAL SUSTAINABILITY IN COMMUNITIES IN THE TALLO RIVER BANK, MAKASSAR CITY: ENVIRONMENTAL THREATS VS FULFILLMENT OF LIFE'S NEEDS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031191080_skripsi_07-06-2023 cover1.png

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E031191080_skripsi_07-06-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031191080_skripsi_07-06-2023 dp.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031191080_skripsi_07-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 September 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Nur Fitrian Ekawati, E031191080. “Analisis Keberlanjutan Lingkungan Hidup Di Bantaran Sungai Tallo Kota Makassar: Ancaman Lingkungan Vs Pemenuhan Kebutuhan Hidup” dibimbing oleh Sultan S. Sos, M.Si. dan Suryanto, S. Sos, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberlanjutan lingkungan hidup, kualitas hidup masyarakat bantaran sungai, dan upaya masyarakat bantaran Sungai Tallo bertahan hidup dengan ancaman lingkungan terhadap pemukiman liar.
Penelitian ini dilakukan di kawasan pemukiman bantaran Sungai Tallo Kota Makassar, Kelurahan Buloa Kecamatan Tallo Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan metode yang digunakan adalah survey. Penelitian ini melibatkan 60 sampel responden yang ditentukan menggunakan simple random sampling.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa secara persepsi masyarakat menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan untuk mengurangi potensi ancaman yang mungkin terjadi salah satu contohnya adalah potensi banjir. Berikutnya kualitas masyarakat yang tinggal di bantaran sungai ditinjau dari segi ekonomi masih kurang sejahtera karena pendapatan penduduk masih sulit untuk memenuhi kebutuhan yang kuantitasnya banyak, namun secara pendidikan masyarakat menyadari pentingnya kualitas pendidikan untuk anak mereka, dan anak mereka mendapat bantuan pendidikan, secara kesehatan pemukiman memiliki 1 posyandu dan bantuan kesehatan dari pemerintah. Berikutnya upaya masyarakat untuk menghadapi ancaman lingkungan adalah dengan memanfaatkan alam se efisien mungkin dan merawat alam dengan melestarikannya dan menjaga kebersihan lingkungan.

Keywords : Lingkungan, Keberlanjutan, Sungai, Ancaman Lingkungan, Pemenuhan Kebutuhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Environment, Sustainability, River, Environmental Threats,Fulfillment
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:01
Last Modified: 08 Nov 2023 07:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28234

Actions (login required)

View Item
View Item