KARAKTERISTIK PASIEN KANKER PAYUDARA PADA WANITA DI RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR PERIODE JANUARI�DESEMBER 2017


BR. SIMANUNGKALIT, NADYA MARSELLA (2018) KARAKTERISTIK PASIEN KANKER PAYUDARA PADA WANITA DI RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR PERIODE JANUARI�DESEMBER 2017. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
Skripsi Nadya M. BR. S - 088.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Kanker payudara adalah kanker utama yang berkembang pada wanita. Kanker payudara merupakan keganasan yang berasal dari sel kelenjar, saluran kelenjar dan jaringan penunjang payudara, tidak termasuk kulit payudara.
Berdasarkan data yang diperoleh oleh Data Riset Kesehatan Dasar 2013, didapatkan bahwa penyakit kanker payudara termasuk dalam penyakit kanker dengan prevalensi tertinggi di Indonesia tahun 2013 setelah kanker serviks, yaitu sebesar 0,5%.
Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini dimaksudkan untuk memaparkan karakteristik penderita kanker payudara berdasarkan data yang terdapat di RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Penentuan Variabel didasarkan pada ketersediaan data dari rekam medic pasien, dengan tetap mengingat kepentingan keterkaitan vairabel tersebut dengan kanker payudara.
Hasil : Penelitian ini mendapatkan sampel sebanyak 164 kasus. Berdasarkan usia distribusi terbanyak pada kelompok umur 41-50 tahun dengan persentase 42,1%, berdasarkan lokasi kanker distribusi terbanyak pada mammae dextra dengan
persentase 54,3%, berdasarkan jenis kanker distribusi terbanyak pada karsinoma invasif dengan persentase 70,1%, berdasarkan status perkawinan distribusi terbanyak pada kelompok kawin dengan persentase 86,6%, berdasarkan stadium kanker vi distribusi terbanyak pada stadium lanjut dengan persentase 51,8%, dan berdasarkan jenis pengobatan distribusi terbanyak pada kelompok pengobatan kombinasi dengan persentase 70,1%.
Kesimpulan : Pasien kanker payudara yang melakukan pengobatan di RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar sebagian besar berada pada kelompok usia 41-50 tahun, dengan lokasi kanker terbanyak berada pada mammae dextra, sebagian besar merupakan karsinoma invasif, dengan status perkawinan yang mendominasi adalah sudah kawin, stadium kanker terbanyak ialah stadium lanjut dan jenis pengobatan
yang paling banyak digunakan ialah pengobatan kombinasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:12
Last Modified: 02 Nov 2023 07:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28171

Actions (login required)

View Item
View Item