PROFIL IMUNISASI DASAR LENGKAP DI MOTHER & CHILD CENTER RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO PERIODE NOVEMBER 2018


RUSYDI BIN ROPLI, MUHAMMAD (2018) PROFIL IMUNISASI DASAR LENGKAP DI MOTHER & CHILD CENTER RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO PERIODE NOVEMBER 2018. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
Muhammad Rusydi.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pendahuluan: Imunisasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan pemberantasan penyakit menular. Imunisasi yang dasar yang lengkap dapat mencegah bayi dari terjangkiti penyakit seperti Hepatitis B,
Poliomielitis, Tuberkulosis, Tetanus dan Difteri. Angka kematian bayi dan balita yang tinggi di Indonesia menyebabkan turunnya derajat kesehatan masyarakat,
salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah program pemberian imunisasi dasar bagi bayi dan balita secara lengkap. Namun program ini masih mengalami hambatan, yaitu penolakan dari orang tua. Penolakan orang tua dalam
pemberian imunisasi ini dikarenakan anggapan yang salah yang berkembang di masyarakat tentang imunisasi, tingkat pengetahuan yang rendah, dan kesadaran yang kurang terhadap imunisasi.
Objektif: Untuk mengetahui profil imunisasi dasar lengkap di Mother & Child Center RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Periode November 2018.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode random sampling dengan menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini, sebanyak 100 responden yaitu populasi yang datang untuk rawat jalan dan memiliki anak di Mother & Child Center RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Periode November 2018.
Hasil: Hasil menunjukkan bahwa distribusi tertinggi adalah ibu yang berpendidikan rendah (SD-SMA) sebesar 58% dan dstribusi terendah adalah ibu berpendidikan tinngi (D3-S2) sebesar 42%, Ibu yang berpengetahuan baik tentang imunisasi sebesar 67% dan ibu yang berpengetahuan kurang tentang imunisasi sebesar 33%, ibu bersikap positif terhadap imunisasi sebesar 71% dan ibu bersikap negatif terhadap imunisasi sebesar 29%, manakala presentasi kelengkapan imunisasi dasar anak yang lengkap sebesar 69% dan kelengkapan imunisasi dasar anak yang tidak lengkap sebesar 31%.
Kesimpulan: Profil status imunisasi dasar lengkap pada anak di Mother & Child Center RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo dipengaruhi oleh data demografi ibu, tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dan sikap ibu terhadap imunisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:21
Last Modified: 02 Nov 2023 07:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28167

Actions (login required)

View Item
View Item