Analisis Komunikasi Antarbudaya dalam Proses Adaptasi Masyarakat Etnik Bugis dan Etnik Papua di Kota Jayapura = Analysis Of Intercultural Communication in the Adaptation Process of Bugis an Papua Ethnic Communities in Jayapura City


Hasmar, Ismiunia (2023) Analisis Komunikasi Antarbudaya dalam Proses Adaptasi Masyarakat Etnik Bugis dan Etnik Papua di Kota Jayapura = Analysis Of Intercultural Communication in the Adaptation Process of Bugis an Papua Ethnic Communities in Jayapura City. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022211007_tesis_07-06-2023 cover1.png

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022211007_tesis_07-06-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022211007_tesis_07-06-2023 dp.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022211007_tesis_07-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 September 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Ismiunia Hasmar. Komunikasi Antarbudaya dalam proses Adaptasi Masyarakat Etnik Bugis dan Etnik Papua di Kota Jayapura(dibimbing oleh Jeanny Maria Fatimah dan Muhammad Farid)
Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis dan Memahami pengalaman dan Komunikasi antarbudaya dalam proses adaptasi masyarakat etnik bugis dan etnik papua di kota jayapura dan (2) menganalisis hambatan dan pendukungyang dihadapi masyrarakat etnik bugis dan etnik Papua dalam proses adaptasi di kota jayapura. Lokasi Penelitian ini burada di Kota Jayapura. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian kualitatif deskriptif. jumlah informan sebanyak sembilan orang diperoleh melalui teknik purposive sampling. pengumpulan data penelitian menggunakan metode obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahasaa menjadi salah satu proses dalam melakukan adaptasi. penggunakan dialek papua dan intonasi bahasa pada saat berkomunikasi secara bertahap dapat disesuaikan oleh masyarakat etnik bugis. hal ini menunjukkan bahwa tidak terjadi stress pada saat proses adaptasi sebab kedua etnik tersebut memiliki karakter yang sama. budaya etnik bugis yang terkenal dengan kebiasaannya merantau membuat mereka cepat beradaptasi dengan etnik papua. Prejudice dan Stereotype yang ada di antara kedua etnik tersebut hanya terdapat di dalam pikiran saja dan tidak dalam bentuk Tindakan seperti menjauhi dan tidak bersosialisasi. dengan demikian, semakin sering kedua etnik tersebut berinteraksi, semakin saling memahami satu sama lain dan (2) hambatan dalam proses adaptasi etnik Bugis dan etnik papua yaitu pola pikir, faktor kebiasaan, dan Nilai-nilai budaya. faktor pendukung dalam proses adaptasi kedua etnik adalah perkawinan antarbudaya, kesediaan menghormati dan menghargai, serta memiliki kerabat yang sama.

Keywords : Komunikasi Antarbudaya, proses adaptasi, etnik Bugis, etnik Papua

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Intercultural communication, Adaptation process, Buginese ethnic, Papuan ethnic
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:52
Last Modified: 19 Oct 2023 01:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28136

Actions (login required)

View Item
View Item