HUBUNGAN ANTARA TOTAL ISCHEMIC TIME TERHADAP PENURUNAN FUNGSI SISTOLIK VENTRIKEL KIRI PADA PASIEN STEMI DI PUSAT JANTUNG TERPADU RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR


Ramadhani, Fadilah (2018) HUBUNGAN ANTARA TOTAL ISCHEMIC TIME TERHADAP PENURUNAN FUNGSI SISTOLIK VENTRIKEL KIRI PADA PASIEN STEMI DI PUSAT JANTUNG TERPADU RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
SKRIPSI AKHIR FADILAH RAMADHANI-C11115001.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Infark miokard adalah penyebab kematian tertinggi di dunia dimana merupakan suatu keadaan terjadi nekrosis otot jantung akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan suplai oksigen yang terjadi secara mendadak. Infark miokard tipe STEMI sering menyebabkan kematian mendadak, sehingga merupakan suatu kegawatdaruratan yang membutuhkan tindakan medis secepatnya. Standar waktu saat munculnya gejala hingga pasien tiba di IGD adalah
120 menit. Total ischemic time yang merupakan waktu dari awal onset sampai di berikan FMC (First Medical Contact) sangat penting dalam mempengaruhi kekuatan kontraksi miokardium.
Metode Penelitian : penelitian observasional analitik, dengan penelitian potong lintang (cross sectional) dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Pusat Jantung Terpadu RSUP DR. Wahidin Sudirohusodo Makassar pada bulan Mei – Oktober 2018.
Hasil Penelitian : Penelitian ini dilakukan pada

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:39
Last Modified: 17 Oct 2023 01:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28120

Actions (login required)

View Item
View Item