PERBANDINGAN KUALITAS TIDUR MAHASISWA SEMESTER I (SATU) DAN MAHASISWA SEMESTER III TIGA) TA. 2018/2019 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN


Pramacitra, Amanda (2018) PERBANDINGAN KUALITAS TIDUR MAHASISWA SEMESTER I (SATU) DAN MAHASISWA SEMESTER III TIGA) TA. 2018/2019 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
Skripsi - Perbandingan Kualitas Tidur Semester I dan III.pdf

Download (12MB)

Abstract (Abstrak)

Tidur merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Kesibukan yang cenderung menyita waktu di tahun pertama mempengaruhi jatah waktu tidur yang diperlukan bagi para mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas tidur antara mahasiswa semester I dan mahasiswa semester III TA. 2018/2019 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Karakteristik responden dalam penelitian ini terdiri atas jenis kelamin, usia, angkatan, dan durasi tidur sedangkan variabel dependen penelitian adalah kualitas tidur. Kualitas tidur diukur dengan menggunakan PSQI. Penelitian dilaksanakan di FK Unhas pada bulan September-November 2018. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional. Total sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Dari hasil uji hipotesis didapatkan nilai p value >0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas tidur mahasiswa semester I dan mahasiswa semester III. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa mayoritas mahasiswa semester I dan III FK Unhas memiliki kualitas tidur buruk sehingga mahasiswa perlu mengatur pola tidur yang cukup dan pihak fakultas memberikan upaya untuk promosi kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS Ilmu Kedokteran Jiwa - Psikiatri
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:32
Last Modified: 17 Oct 2023 01:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28108

Actions (login required)

View Item
View Item