Analisis Efektivitas Komunikasi Orang Tua Pekerja dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak di Kota Makassar = Effectiveness Analysis of Working Parents' Communication in Maintaining Their Children’s Mental Health in Makassar City


Mukhtar, St. Hajar Magfirah (2023) Analisis Efektivitas Komunikasi Orang Tua Pekerja dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak di Kota Makassar = Effectiveness Analysis of Working Parents' Communication in Maintaining Their Children’s Mental Health in Makassar City. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022202003_tesis_08-03-2023 cover1.png

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022202003_tesis_08-03-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022202003_tesis_08-03-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022202003_tesis_08-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 September 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis komunikasi orang tua pekerja dalam menjaga Kesehatan mental anak di Kota Makassar. Fokus penelitian ini terbagi menjadi tiga permasalahan yaitu: i) Efektivitas komunikasi orang tua, ii) Pola komunikasi orang tua, dan iii) Hambatan komunikasi orang tua.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menggali informasi yang mendalam terkait komunikasi orang tua dengan anak mereka. Peneliti mewawancarai 5 informan yang telah memenuhi kriteria. Kriteria pemilihan informan berdasarkan pada jumlah jam kerja di atas 42 jam perminggu, mempunyai anak dengan rentang umur 5-18 tahun, mempunyai anak dengan karakterisitk menunjukkan gejala tidak sehat mental sesuai dengan SDQ (Strengths and Difficulties Quesionnaire), dan mempunyai anak yang berdomisili di Kota Makassar. Informan yang berjumlah 5 orang semuanya perempuan dan bekerja sebagai pegawai pemerintah, pedagang, pegawai bank, dan pegawai swasta. Wawancara dilakukan menggunakan wawancara semi terstruktur. Penelitian ini menggunakan analisis tematik dalam menganalisis jawaban informan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para orang tua telah melakukan beberapa aspek dalam efektivitas komunikasi yaitu keterbukaan, sikap empati, dan sikap positif. Akan tetapi, orang tua tidak memiliki sikap mendukung dan sikap kesetaraan. Dengan begitu, komunikasi tidak berjalan dua arah dan sering terjadi miskomunikasi. Pola komunikasi yang digunakan orang tua pekerja dalam penelitian ini hanya pola komunikasi otoriter dan pola komunikasi membebaskan. Hambatan komunikasi yang terjadi antara orang tua dan anak yakni hambatan psiklogis, hambatan sosiologis dan juga hambatan semantik.

Keywords : Efektivitas Komunikasi, Pola Komunikasi, Hambatan Komunikasi, Kesehatan Mental Anak

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Connunication effectiveness, Communication patterns, Communication barries, Children's mental health
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:06
Last Modified: 16 Oct 2023 08:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28098

Actions (login required)

View Item
View Item