TINGKAT PEMAHAMAN PASIEN BEDAH TERHADAP LEMBAR PERSETUJUAN TINDAKAN MEDIS PEMBIUSAN (INFORMED CONSENT) DI RSUP. DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR


Mobilingo, Imam (2019) TINGKAT PEMAHAMAN PASIEN BEDAH TERHADAP LEMBAR PERSETUJUAN TINDAKAN MEDIS PEMBIUSAN (INFORMED CONSENT) DI RSUP. DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
IMAM MOBILINGO C11116548.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam proses pelayanan kesehatan informed consent yang dapat dijadikan bukti dan memiliki nilai hukum yang kuat biasanya berupa selembar kertas yang berisi penjelasan dokter tentang diagnosa penyakit pasien, tindakan yang akan dilakukan dokter, alternatif tindakan, prognosis ataupun akibat yang mungkin terjadi akibat tindakan yang dilakukan dokter, selain itu bisa juga berisi pernyataan bahwa pasien telah mengerti tentang penjelasan/informasi yang disampaikan dokter dan menyetujui tindakan dokter dengan tanda tangan pasien/keluarga pasien serta tanda tangan dokter. Dalam informed consent yang wajib memberikan informasi adalah dokter yang hendak melakukan tindakan medis karena dokter tersebut yang mengetahui kondisi pasien serta hal-hal yang berkaitan dengan tindakan medis yang akan dilakukan (Friska Realita. 2016).Persetujuan informed consent ini didasari atas hak seorang pasien atas segala sesuatu yang terjadi pada tubuhnya serta tugas utama dokter dalam melakukan penyembuhan terhadap pasien. Tujuan pemberian informasi secara lengkap mengenai penyakit serta tindakan medis yang akan dilakukan adalah agar pasien bisa menentukan sendiri (Menkes RI Nomor 269, 2008). Mengingat begitu pentingnya informed consent bagi pasien maka tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisa seberapa tinggi tingkat pemahaman pasien terhadap lembar persetujuan tindakan medis khususnya pembiusan (Informed Consent).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:29
Last Modified: 17 Oct 2023 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28096

Actions (login required)

View Item
View Item