Strategi Komunikasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat = Makassar City Library Service Communication Strategy in Increasing Public Interest in Reading


Haba, Muh. Fachri Karim (2022) Strategi Komunikasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat = Makassar City Library Service Communication Strategy in Increasing Public Interest in Reading. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022201006_tesis_02-12-2022 COVER1.png

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022201006_tesis_02-12-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022201006_tesis_02-12-2022 DP.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022201006_tesis_02-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 September 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Fenomena minat baca masyarakat Indonesia yang masih rendah, khususnya di Kota Makassar berada pada kategori sedang yaitu 45,31% pada tahun 2021. Oleh karena itu, upaya peningkatan minat baca masyarakat yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar tentunya diperlukan strategi komunikasi dalam melaksanakan program yang telah direncanakan. Penelitian ini bertujuan: (1) mengungkapkan strategi komunikasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar dalam meningkatkan minat baca masyarakat; (2) mengungkapkan efektivitas strategi komunikasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar dalam meningkatkan minat baca masyarakat; dan (3) menggambarkan hambatan strategi komunikasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kami menemukan, strategi komunikasi yang digunakan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar yaitu: menentukan tujuan pesan komunikasi, mengenal khalayak/sasaran, menentukan komunikator, menyusun pesan, memilih saluran komunikasi, dan evaluasi program. Strategi komunikasi tersebut diterapkan pada berbagai layanan inovasi/program yang telah direncanakan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar, yaitu layanan inovasi Dongkel with Mobile Library, layanan inovasi Sentuh Pustaka, layanan inovasi MARIKI (Magang Mandiri Khusus Alumni), layanan inovasi DOngkelor (Dongeng Online dari Rumah), layanan inovasi Kusuka (Kelas Khusus Pemustaka), layanan inovasi Kartu Perpustakaan Bisa PeDe, layanan inovasi Mini Pustaka Mart/Ga’de-Ga’de Pustaka dan program e-Pustaka.

Keywords : strategi komunikasi, Dinas Perpustakaan Kota Makassar, minat baca masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Communication Strategy, Makassar City Library Service, Community Reading Interest
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:02
Last Modified: 16 Oct 2023 05:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28092

Actions (login required)

View Item
View Item