KARAKTERISTIK PASIEN DERMATITIS ATOPI DI BALAI KULIT, KELAMIN, DAN KOSMETIK MAKASSAR PERIODE JANUARI 2017 – AGUSTUS 2018


Siradja, Muh. Adyaksa (2018) KARAKTERISTIK PASIEN DERMATITIS ATOPI DI BALAI KULIT, KELAMIN, DAN KOSMETIK MAKASSAR PERIODE JANUARI 2017 – AGUSTUS 2018. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
SKRIPSI KARAKTERISTIK PASIEN DERMATITIS ATOPI DI BALAI KULIT-converted.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Dermatitis atopi adalah suatu peradangan kulit kronik dan residif atau sekelompok gangguan yang berkaitan sering ditemukan pada penderita rhinitis alergi dan asma serta diantara para anggota keluarga mereka dengan manifestasi klinis berupa kelainan kulit seperti gatal, kemerahan kemudian mengalami eksoriasi dan likenifikasi. Distribusinya di lipatan atau fleksural tubuh, dimana etiologi dan patomekanisme dermatitis atopi sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Namun beberapa faktor resiko yang dianggap berperan pada kejadian dermatitis atopi diantara lain faktor resiko genetik. Karakteristik dari penderita dermatitis atopi seperti usia, jenis kelamin dan pekerjaanjuga mempengaruhi patogenesis dari dermatitis atopi. Dari penelitian didapatkan penderita lebih banyak diderita oleh perempuan daripada laki-laki, dan juga lebih banyak mengenai kelompok usia 0-2 tahun, namun tidak sedikit pula mengenai usia yang lebih tua. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristikpenderita dermatitis atopi berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan,gejala utama, lokasipredileksi, dan riwayat atopi dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:23
Last Modified: 17 Oct 2023 01:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28086

Actions (login required)

View Item
View Item