POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEBAGAI PROSES ADAPTASI BUDAYA PADA PRPGRAM "PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA" DI UNIVERSITAS HASANUDDIN = INTERPERSONAL COMMUNICATION PATTERNS AS A CULTURAL ADAPTATION PROCESS IN THE "INDEPENDENT STUDENT EXCHANGE" PROGRAM AT HASANUDDIN UNIVERSITY


Halija, Nur (2023) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEBAGAI PROSES ADAPTASI BUDAYA PADA PRPGRAM "PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA" DI UNIVERSITAS HASANUDDIN = INTERPERSONAL COMMUNICATION PATTERNS AS A CULTURAL ADAPTATION PROCESS IN THE "INDEPENDENT STUDENT EXCHANGE" PROGRAM AT HASANUDDIN UNIVERSITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191030_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E021191030_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191030_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191030_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pola komunikasi interpersonal sebagai proses adaptasi budaya pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Hasanuddin; (2) mengetahui faktor-faktor penghambat mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka dengan mahasiswa Unhas dalam berkomunikasi di kampus. Penelitian ini dilakukan di Universitas Hasanuddin. Informan dalam penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan menetapkan kreteria-kreteria tertentu untuk menentukan informan. Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Hasanuddin dalam berinteraksi dan beradaptasi mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka membentuk pola komunikasi primer sekunder dan pola komunikasi sirkular. Mereka berkomunikasi menggunakan bahasa verbal dan nonverbal dalam memahami pesan yang disampaikan, selain itu mereka juga menggunakan WhatsApp seabagi media kedua dalam menyampaikan pesan. Mahasiswa PMM mendapat feedback atau respon dalam proses interaksi. Dalam proses adaptasi budaya terhadap mahasiswa Unhas tidak juah berbeda dengan mahasiswa lainnya, mereka tetap saling berinteraksi, memberikan dukungan dan berpikir positif terhadap mahasiswa Unhas. Pada penelitian ini juga ditemukan beberapa faktor penghambat komunikasi interpersonal mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka dengan Mahasiswa Unhas yaitu hambatan dari segi bahasa, segi kosakata, segi budaya dan lingkungan. Namun sejauh ini, mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka sudah bisa beradaptasi terhadap lingkungan baru di Universitas Hasanuddin tepatnya di budaya Makassar.

Keywords : Pola komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Adaptasi Budaya, Mahasiswa PMM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Communication Patterns, Interpersonal Communication, Cultural Adaptation, PMM Students
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:13
Last Modified: 16 Oct 2023 06:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28073

Actions (login required)

View Item
View Item