Analisis Film Eighth Grade sebagai Representasi Gangguan Kecemasan Sosial pada Remaja = Analysis of Eighth Grade Film as a Representation of Social Anxiety Disorder in Adolescents


Widyadhana, Salsabila Putri (2023) Analisis Film Eighth Grade sebagai Representasi Gangguan Kecemasan Sosial pada Remaja = Analysis of Eighth Grade Film as a Representation of Social Anxiety Disorder in Adolescents. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191008_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E021191008_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191008_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191008_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

SALSABILA PUTRI WIDYADHANA. Analisis Film Eighth Grade sebagai Representasi Gangguan Kecemasan Sosial pada Remaja. (Dibimbing oleh Andi Alimuddin Unde dan Nurul Ichsani).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk gangguan kecemasan sosial pada remaja yang direpresentasikan dalam film Eighth Grade, serta untuk mengetahui interpretasi makna gangguan kecemasan sosial pada remaja dalam film ini melalui adegan-adegan dalam film. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu dari bulan Desember 2022 hingga Februari 2023. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui pengamatan secara menyeluruh terhadap objek penelitian yaitu film Eighth Grade (2018). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan model semiotika Charles Sanders Peirce yang menggunakan sistem segitiga tanda, yang terdiri dari sign, object, dan interpretant. Data pendukung (data sekunder) dalam penelitian ini diperoleh melalui media studi pustaka untuk mendapat teori-teori yang relevan dan data-data yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 34 adegan yang merepresentasikan bentuk-bentuk gangguan kecemasan sosial pada remaja oleh tokoh Kayla Day dalam film Eighth Grade, yang terdiri dari ketakutan akan evaluasi negatif (fear of negative evaluation), penghindaran sosial dan rasa tertekan dalam situasi yang baru atau berhubungan dengan orang asing (social avoidance and distress new), serta penghindaran sosial dan rasa tertekan yang dialami secara umum atau dengan orang yang dikenal (social avoidance and distress general). Penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri seseorang sangat memengaruhi terjadinya gangguan kecemasan sosial, sehingga menghambat proses komunikasi interpersonal.

Kata kunci: Film, Semiotika, Gangguan Kecemasan Sosial, Remaja, Konsep Diri, Komunikasi Interpersonal, Representasi, dan Interpretasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Film, Semiotics, Social Anxiety Disorder, Adolescents, Self Concept, Interpersonal Communication, Representation, and Interpretation
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:06
Last Modified: 16 Oct 2023 05:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28063

Actions (login required)

View Item
View Item