Djohan, Ridha Deviyuni Bachder (2023) PERSONAL BRANDING TUMMING ABU MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM = PERSONAL BRANDING TUMMING ABU MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E021181505_skripsi_21-08-2023 cover1.png
Download (230kB) | Preview
E021181505_skripsi_21-08-2023 1-2.pdf
Download (1MB)
E021181505_skripsi_21-08-2023 dp.pdf
Download (575kB)
E021181505_skripsi_21-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Ridha Deviyuni Bachder Djohan, (E021181505), “Personal Branding Tumming Abu Melalui Sosial Media Instagram” dibawah bimbingan Dr. Muh. Akbar, M.Si selaku Pemimbing Pertama dan Dr. Arianto, S.Sos., M.Si selaku Pembimbing Kedua pada Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Univesitas Hasanuddin.
Tumming abu adalah duo komedian dan content creator yang berasal dari Makassar. Tumming memiliki nama asli Ikhsan Hasyim lahir 15 Agustus 1991 sedangkan Abu memiliki nama asli Ahmad Zuhai lahir pada tanggal 24 September 1987. Konten atau video yang mereka buat berhasil mencuri perhatian masyarakat yang telah menyaksikannya dan menarik perhatian banyak viewers serta komentar positif yang menghibur dibalut dengan komedi khas makassar. Saat ini, selain aktif membuat video di sosial media dan menjadi aktor, Tumming Abu juga menjadi MC, pengisi acara, standup dalam event yang dilaksanakan di berbagai daerah dan kota.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung melalui observasi dan wawancara mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan Purposive Sampling dan yang menjadi sumber informasi adalah Tumming Abu dan Tim serta beberapa dari followers Tumming Abu. Teknik Analisa Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Tumming Abu dalam membangun citra di media sosial Instagram yang dianalisis menggunakan personal branding menurut Peter Montoya dapat disimpulkan bahwa Tumming Abu membangun citra melalui konsep Spesialisasi yang terkhusus pada lifestyle, ability, mission & behaviour; konsep kepemimpinan; konsep kepribadian; konsep perbedaan; konsep kenampakan; konsep kesatuan; konsep keteguhan; dan konsep nama baik. Adapun mengenai tanggapan followers terhadap personal branding Tumming Abu melalui sosial media Instagram yang dianalisis menggunakan personal branding menurut Peter Montoya dapat disimpulkan bahwa mayoritas follower mengungkapkan bahwa personal branding yang ditampilkan Tumming Abu melalui sosial media Instagram adalah konsep perbedaan sebagaimana yang dipaparkan oleh narasumber, kemudian diikuti oleh konsep spesialisasi dan kesatuan. Adapun konsep kenampakan dan nama baik cenderung kurang tertampilkan dalam personal branding Tumming Abu.
Kata Kunci : Komedi, Personal Branding, Instagram, dan Media Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Comedy, Personal Branding, Instagram and Social Media |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 04:52 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 04:52 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28050 |