STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN NON FORMAL (DAILY ENGLISH FOR PRIMARY STUDENT), KABUPATEN LUWU = STRATEGY COMMUNICATION LEARNING TEACHER IN CHARACTER BUILDING OF STUDENTS THROUGH NON-FORMAL EDUCATION (DAILY ENGLISH FOR PRIMARY STUDENT), LUWU DISTRICT


Amalia, Zhafirah (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN NON FORMAL (DAILY ENGLISH FOR PRIMARY STUDENT), KABUPATEN LUWU = STRATEGY COMMUNICATION LEARNING TEACHER IN CHARACTER BUILDING OF STUDENTS THROUGH NON-FORMAL EDUCATION (DAILY ENGLISH FOR PRIMARY STUDENT), LUWU DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021181010_skripsi_31-10-2022 cover1.png

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021181010_skripsi_31-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021181010_skripsi_31-10-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021181010_skripsi_31-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ZHAFIRAH AMALIA. Strategi Komunikasi Pembelajaran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Pendidikan Non Formal (Daily English for Primary Student), Kabupaten Luwu (Dibimbing oleh Andi Alimuddin Unde danTuti Bahfiarti).
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan strategi komunikasi pembelajaran guru yang digunakan pada pendidikan non formal Daily English for Primary Student (DES); (2) Untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi strategi komunikasi pembelajaran guru dalam membentuk karakter peserta didik pada pendidikan non formal Daily English for Primary Student (DES)
Penelitian ini dilakukan terhadap guru dan peserta didik di pendidikan non formal, dibawah lembaga Zidanne School yakni Daily English for Primary Student (DES). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam dan observasi non partisipan.
Hasil penelitian ini menjelaskan strategi komunikasi pembelajaran yang diterapkan di DES. Strategi tersebut diawali dengan memahami latar belakang peserta didik kemudian membentuk pola belajar yang variatif agar peserta didik tidak mudah bosan. Media yang digunakan dalam strategi tersebut ialah media ceramah, media digital, permainan (game), dan mengutamakan media yang berasal dari alam. Strategi komunikasi pembelajaran yang diterapkan didukung beberapa faktor yakni adanya ruang belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. Selain itu guru-guru aktif yang senantiasa berusaha menemukan solusi untuk hambatan belajar pada peserta didik. Adapun faktor-faktor penghambat dari strategi komunikasi pembelajaran yang diterapkan yakni terbatasnya waktu bersama peserta didik sehingga karakter yang terbentuk masih labil. Lokasi DES yang berada di pinggir jalan kadang membuat peserta didik sulit fokus karena suara kendaraan yang lewat. Namun dari semua hambatan tersebut guru DES berusaha untuk menemukan solusi.

Kata kunci: Strategi Komunikasi, Belajar Mengajar, Karakter, Pendidikan Non Formal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Communication Strategy, Teaching and Learning, Character, Non-Formal Education
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:45
Last Modified: 16 Oct 2023 04:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28035

Actions (login required)

View Item
View Item