KARAKTERISTIK PENYAKIT GAGAL JANTUNG KONGESTIF PADA PASIEN RAWAT JALAN DI PUSAT JANTUNG RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR PERIODE JUNI-DESEMBER 2017


Febriani Tando, Valentina (2018) KARAKTERISTIK PENYAKIT GAGAL JANTUNG KONGESTIF PADA PASIEN RAWAT JALAN DI PUSAT JANTUNG RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR PERIODE JUNI-DESEMBER 2017. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
Valentina Febriani Tando_S1.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penyakit Tidak Menular (PTM) masih memberikan sumbangsih yang besarsebagaipenyebabkematiandiseluruhduniadenganangkalebih36jutakematian. Secara global, PTM penyebab kematian nomor satu setiap tahunnya adalah penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah. S alah satu penyakit kardiovaskular yang memiliki angka kejadian yang tinggi ialah penyakit gagal jantung kongestif, yang menyebakan kematian di Indonesia dengan besaran angka 9,7% dari keseluruhan penyakitjantung.Penyakitgagaljantungkongestifdidefinisikansebagaisindromklinis yang diakibatkan oleh gangguan jantung yang terjadi secara struktural dan atau fungsional yang mengganggu fungsi ventrikel jantung dalam pengisian dan melakukan pemompaan darah pada tubuh. Sehingga timbul keluhan utama pasien berupa d yspneu on effort, paroxysmal nocturnal dyspneu, dan ortopneu yang mengganggu kualitas kehidupan pasien. T ujuan dari penelitian ini adalah mengetahui distribusi karakteristik pasien penyakit gagal jantung kongestif menurut usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan manifestasi klinis yang timbul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 29 Sep 2023 00:38
Last Modified: 29 Sep 2023 00:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28030

Actions (login required)

View Item
View Item